Banyak Personel Polisi yang Kawal Debat Cawapres di JCC Lebih dari Sesi Pertama, Ini Penjelasannya

by -119 Views

Jumat, 22 Desember 2023 – 08:33 WIB

Jakarta – Sedikitnya 2.464 personel polisi dikerahkan untuk mengawal jalannya debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Tanah Abang, Jakarta Pusat, malam ini.

“Baca juga: TKN Tegaskan Prabowo-Gibran Komitmen Dukung Pengusaha Muda Lewat Kredit Startup,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat 22 Desember 2023.

Ada 166 personel Satgaspus, 298 Satgasres, dan sisanya adalah personel Satgasda. Selain itu, juga disiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan JCC.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan, namun rekayasa lalin tersebut sifatnya situasional.

Jumlah personel yang dikerahkan dalam debat cawapres di JCC lebih banyak ketimbang saat debat pertama calon presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember lalu.

Sebelumnya, total ada 2.000 personel dikerahkan untuk mengawal debat perdana calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) di kantor KPU pada 12 Desember 2023.

Debat cawapres Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat 22 Desember 2023. Debat rencananya akan dimulai sekira pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Hasyim As’syari mengatakan tidak ada perubahan format debat. Dia menjelaskan format debat akan sama seperti debat capres yang terdiri dari enam segmen.

Debat dilanjutkan dengan masing-masing cawapres menjawab pertanyaan dari moderator yang sudah dirumuskan oleh 11 panelis pada segmen kedua dan ketiga.

Adapun tema debat kedua ini ialah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.