Banyumas Orang Biasanya Begitu dalam Berbicara

by -30 Views

Minggu, 17 Desember 2023 – 19:26 WIB

Blitar – Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto buka suara terkait omongan ‘ndasmu etik’ di acara internal Partai Gerindra yang kemudian bocor di media sosial. Dia menjelaskan ucapan itu disampaikan di internal keluarga Gerindra.

“Itu kan di dalam, di antara keluarga, ya kan. Tapi, biasa orang Indonesia mencari-cari, mau dibesar-besarkan. Itu di antara keluarga kita bicara,” kata Prabowo usai menghadiri acara deklarasi di Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17 Desember 2023. Prabowo mengatakan, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan. Sebab, hal itu merupakan acara internal partai.

“Itu kan bicara orang Banyumas biasalah bicara-bicara begitu. Nggak usah dibesar-besarkan,” jelasnya.

Adapun pernyatan Prabowo mengenai ‘ndasmu etik’ diduga terkait pertanyaan saat debat perdana capres menyangkut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Majelis Kehormatan MK (MKMK) soal batas usia capres cawapres. Viral video pernyataan Prabowo yang diduga menyinggung isi debat perdana capres di KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. Omongan Prabowo itu jadi sorotan karena menyebut kata dalam bahasa Jawa “ndasmu etik”.

Prabowo menyampaikan itu saat Rakornas Partai Gerindra di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023. Dia berkelakar mengenai pertanyaan apres Nomor Urut 1 Anies Baswedan terhadapnya.

Sementara, Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak beri penjelasan soal ucapan Prabowo yang menyebut ‘ndasmu etik’. Pernyataan Prabowo itu viral di media sosial seperti platform X. Dahnil menuturkan omongan Prabowo tersebut hanya bercanda di depan para kader Gerindra. Pernyataan itu juga disampaikan dalam acara internal Gerindra.

“Pak Prabowo senang bercanda, itu becandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen bercanda. Pak Prabowo hubungannya dengan Pak Ganjar baik, dengan Pak Anies baik. Bercanda ke sesama sahabat,” ujar Dahnil, Sabtu, 16 Desember 2023.