PPATK Mengungkap Adanya Transaksi Mencurigakan pada Pemilu 2024, PKB Mendorong Penyelidikan Lebih Lanjut

by -129 Views

Sabtu, 16 Desember 2023 – 12.51 WIB

Jakarta – Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan pendapatnya terkait temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan adanya aliran dana yang mencurigakan mengalir ke partai politik dan individu.

Dia menjelaskan bahwa jika memang ada temuan aliran dana yang mencurigakan, maka hal tersebut sebaiknya diselesaikan dengan tuntas. “Tentu saja hal ini perlu ditelusuri, karena PPATK bertindak untuk kepentingan masyarakat. Jika memang ada temuan, maka prosesnya tidak boleh didiamkan,” ujar Jazilul kepada wartawan di Jakarta Selatan, Jumat 15 Desember 2023.

Dia juga menegaskan bahwa jika ada temuan, hal tersebut harus diusut hingga tuntas atau segera dikoordinasikan dengan pihak penegak hukum. “Jadi, jika memang sudah jelas, tidak perlu diumumkan, tetapi segera koordinasikan dengan aparat hukum. Tentukan siapa yang terlibat. Itu lebih baik daripada terus menuding sana-sini, menuding A, menuding B,” katanya.

Jazilul juga meminta agar PPATK segera bergerak dan menuntaskan temuan tersebut agar hasilnya dapat disampaikan kepada publik. Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan data peningkatan transaksi mencurigakan terkait Pemilu 2024. Transaksi bernilai triliunan rupiah tersebut melibatkan ribuan nama.

Ivan juga menyatakan bahwa PPATK sudah mengirimkan surat ke KPU dan Bawaslu terkait masalah ini dan bahwa KPU dan Bawaslu sudah memegang data tersebut. Menurutnya, laporan terkait Pemilu 2024 sangat masif dan transaksi mencurigakan itu meningkat lebih dari 100 persen.

Ivan juga menyampaikan bahwa PPATK sudah menerima surat resmi dari KPU dan Bawaslu mengenai laporan transaksi mencurigakan terkait pemilu tersebut.

Sumber: Viva.co.id