KPK Menyatakan Akan Mengundang Tiga Capres untuk Berdiskusi tentang Isu Korupsi, Anies: Selalu Siap Mendukung

by -31 Views

Jumat, 15 Desember 2023 – 12:49 WIB

Bekasi – Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya siap jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak untuk adu gagasan perihal isu pemberantasan korupsi.

Dia menyebutkan bahwa dirinya kerap hadir dalam setiap undangan yang diberikan oleh KPK. “Kalau undangan untuk berbagi pandangan, berbagi gagasan selama ini selalu siap, boleh dicek aja, ada undangan yang kita nggak datang, selalu datang. Apalagi kalau yang mengundang adalah KPK,” ujar Anies Baswedan di Bekasi, Jumat, 15 Desember 2023.

Anies menjelaskan, dengan adanya keinginan pimpinan KPK soal adu gagasan maka pimpinan KPK dinilai komitmen dalam memberantas korupsi.

“Dia menyebutkan bahwa dirinya kerap hadir dalam setiap undangan yang diberikan oleh KPK. “Kalau undangan untuk berbagi pandangan, berbagi gagasan selama ini selalu siap, boleh dicek aja, ada undangan yang kita nggak datang, selalu datang. Apalagi kalau yang mengundang ada KPK,” ujar Anies Baswedan di Bekasi, Jumat, 15 Desember 2023.

Anies menjelaskan, dengan adanya keinginan pimpinan KPK soal adu gagasan maka pimpinan KPK dinilai komitmen dalam memberantas korupsi.

“Dan kami berharap dengan begitu pimpinan KPK berkomitmen menjunjung tinggi etika jangan sampai pimpinan KPK tidak menjunjung tinggi etika. Bukan hanya taat hukum taat kode etik,” kata Anies.

“Dan kalau ada debat itu saya harap jadi kesempatan untuk masyarakat memberikan penilaian atas para calon terkait pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Diketahui, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkapkan, KPK berencana akan mengundang tiga capres untuk beradu gagasan soal pemberantasan korupsi.

Ghufron menyebutkan bahwa akan mengawal ketat terkait gagasan isu antikorupsi dari para capres. Adapun tiga capres itu yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

KPK rencananya akan mengundang capres untuk adu gagasan di bulan Januari 2024.