Pos Indonesia Mematok untuk Menyelesaikan Penyaluran BLT El Nino Bulan Ini

by -35 Views

Kamis, 14 Desember 2023 – 21:14 WIB

Pemerintah merealisasikan bantuan untuk masyarakat akibat kemarau panjang dampak dari fenomena El Nino, khususnya warga yang terdata di Kementerian Sosial (kemensos) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). PT Pos Indonesia (Persero) dipercaya untuk menyalurkan bantuan bernama BLT (Bantuan Langsung Tunai) El Nino ke 18,8 juta KPM.

Adapun penyaluran perdana BLT El Nino dilakukan di Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 13 Desember 2023. Pelaksanaan penyaluran pertama ini langsung direalisasikan Presiden Jokowi dan sejumlah jajarannya.

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi memastikan pihaknya siap menjalankan amanah pemerintah dalam menyalurkan BLT El Nino tersebut. Sesuai dengan arahan pemerintah agar penyaluran bisa berjalan lancar, cepat, dan tepat waktu, mengingat, pihaknya sudah memiliki pengalaman dalam mendistribusikan jenis program bantuan-bantuan lainnya.

Faizal menjelaskan, ada tiga mekanisme penyaluran bantuan BLT El Nino yang disiapkan Pos Indonesia agar bisa berjalan dengan lancar. Pertama, mekanisme penyaluran melalui Kantorpos. Kemudian, mekanisme yang diterapkan adalah penyaluran lewat komunitas seperti di RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Terakhir, adalah mekanisme penyaluran langsung ke rumah KPM alias door to door.

Sebelum merealisasikan ketiga mekanisme tersebut, Pos Indonesia juga mempersiapkan langkah-langkah penting, seperti mempersiapkan data. Kemudian, setelah Kementerian Sosial menyetujui, Pos Indonesia akan mencetak undangan untuk dikirimkan kepada para KPM. Kemudian, jadwal pengambilan BLT bagi KPM dibuat.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menjelaskan, BLT El Nino merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga yang diakibatkan oleh kekeringan. Jokowi juga menekankan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi.