Ini 5 Negara dengan Suhu Terdingin di Dunia, Membuat Merinding!

by -33 Views

Jumat, 15 Desember 2023 – 04:04 WIB

VIVA – Negara-negara terdingin di dunia tersebar di berbagai belahan dunia dengan suhu rata-rata tahunan yang sangat rendah. Karakteristik geografis seperti terpencil, kepulauan, negara Nordik, atau dekat dengan kutub dan/atau Lingkaran Arktik membuat beberapa negara ini dijuluki sebagai negara terdingin di dunia. Negara apa saja? Dilansir dari WorldAtlas, berikut ini 5 negara terdingin di dunia berdasarkan suhu rata-rata tahunan.

1. Kanada – 22.37°F
Kanada, negara terbesar kedua di dunia, mendominasi daftar sebagai negara terdingin. Dengan kepadatan penduduk yang rendah, wilayah utara Kanada menghadapi kondisi sangat dingin sepanjang tahun. Suhu bisa turun drastis, bahkan mencapai -40°F. Januari adalah bulan terdingin, dan musim dingin di sana bersalju dan dingin.

2. Rusia – 22.82°F
Rusia, salah satu negara terbesar di dunia juga terkenal dengan suhu dinginnya. Dengan sebagian besar wilayahnya jauh dari laut, Rusia mengalami musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat panjang. Siberia, bagian timur laut Rusia, pernah mencatat suhu terendah sepanjang sejarah, mencapai -89.86°F.

Negara kecil di Asia Tengah, Mongolia, adalah negara terdingin ketiga di dunia. Dengan sejarah perang Genghis Khan, Mongolia memiliki suhu rendah yang mencapai -67.5°F. Musim dingin yang panjang, bersalju, dan berangin membuat Mongolia memiliki iklim yang keras.

Norwegia, negara Nordik yang sebagian besar berada di atas Lingkaran Arktik, memiliki musim panas yang sejuk dan perbedaan suhu ekstrem antara musim panas dan musim dingin. Pegunungan Norwegia juga menghadapi iklim Tundra Polarnya yang lebih dingin.

Selanjutnya ada Kyrgyzstan, negara kecil di Asia Tengah, menyejukkan dengan suhu rata-rata sekitar 34.79°F. Meskipun memiliki lembah dengan suhu panas di musim panas, pegunungan di Kyrgyzstan tetap dingin, terutama di musim dingin.

Negara-negara ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, tetapi juga menantang dengan suhu yang sangat rendah. Meskipun dingin, keindahan alam dan keunikannya membuat setiap negara memiliki daya tariknya sendiri.