Dewan Perwakilan Rakyat AS Meloloskan Usulan Penyelidikan Pemakzulan Terhadap Presiden Joe Biden

by -37 Views

Kamis, 14 Desember 2023 – 11:00 WIB

Washington – DPR Amerika Serikat (AS), pada Rabu, 13 Desember 2023, mengesahkan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden.

Setiap anggota Partai Republik mendukung hal tersebut, meskipun masih ada kekhawatiran di antara beberapa anggota partai bahwa penyelidikan itu belum menghasilkan bukti pelanggaran yang dilakukan oleh presiden. Hasil pemungutan suara dari 221 anggota, 212 suara mendukung proses pemakzulan yang dapat berujung pada hukuman tertinggi bagi seorang presiden. Hukuman itu digambarkan dalam konstitusi sebagai kejahatan tingkat tinggi dan pelanggaran ringan, yang dapat mengakibatkan presiden dicopot dari jabatannya jika terbukti bersalah dalam persidangan Senat.

Biden, dalam sebuah pernyataan yang jarang terjadi tentang upaya pemakzulan, mempertanyakan prioritas Partai Republik di DPR dalam melakukan penyelidikan terhadap dia dan keluarganya.

“Mengizinkan penyelidikan selama berbulan-bulan, berarti memastikan bahwa penyelidikan pemakzulan akan berlanjut hingga tahun 2024, ketika Biden akan mencalonkan diri kembali dan berhadapan dengan mantan Presiden Donald Trump.”

Trump sendiri telah mendorong sekutu Partai Republik di Kongres untuk bergerak cepat dalam memakzulkan Biden, yang merupakan bagian dari seruannya untuk melakukan balas dendam, dan pembalasan terhadap musuh-musuh politiknya.