ASDP Menggunakan GPS untuk Membatasi Pembelian Tiket Online Menjelang Nataru: Berikut Ketentuannya

by -148 Views

Selasa, 28 November 2023 – 07:50 WIB

Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memulai penerapan pembatasan area pembelian tiket ferry online menjelang operasi posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pembatasan ini akan dilakukan sekitar tanggal 11 Desember 2023.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa penentuan radius ini bertujuan untuk menciptakan pelabuhan dan angkutan penyeberangan yang handal dan berkualitas, mengacu pada empat faktor: safety, security, services, dan pencemaran lingkungan.

Shelvy menjelaskan bahwa sistem aksesibilitas pembelian tiket pada ferizy.com dan mitra resmi Ferizy tidak dapat melayani pembelian tiket penyeberangan pada area yang telah ditentukan setelah peraturan ini ditetapkan. Oleh karena itu, pembelian tiket secara mandiri melalui aplikasi Ferizy maupun website disarankan untuk dilakukan sejak jauh hari. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak H-60 keberangkatan, sehingga pengguna jasa dapat lebih mempersiapkan dan merencanakan perjalanannya dengan matang.

Adapun radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket adalah sebagai berikut:
1. Dari sisi terluar Pelabuhan Merak ke Hotel Pesona Merak atau sekitar 4,71 km.
2. Dari sisi terluar Pelabuhan Bakauheni ke Balai Karantina Pertanian atau sekitar 4,24 km.
3. Dari sisi terluar Pelabuhan Ketapang ke Terminal Sritanjung atau sekitar 2,65 km.
4. Dari sisi terluar Pelabuhan Gilimanuk ke Terminal Kargo atau sekitar 2 km.

Shelvy berharap regulasi ini dapat mendukung terpenuhinya pengelolaan pelabuhan yang handal, meningkatkan kepatuhan pengguna jasa, serta meminimalisir ketidakakuratan identitas penumpang dan kendaraan. Selain itu, hal ini diharapkan dapat membuat lalu lintas di sekitar pelabuhan menjadi lebih tertib, memecah kepadatan, dan mengurangi sampah yang diakibatkan antrean penumpang.