Juara Umum Ajang Pesparani Nasional 2023 Diraih oleh Provinsi Maluku

by -267 Views

Provinsi Maluku berhasil menjadi juara umum Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional III. Mereka berhasil mempertahankan prestasi tersebut setelah menjadi yang terbaik dalam tiga cabang lomba pada ajang yang berlangsung dari tanggal 28 hingga 31 Oktober 2023.

Pengumuman juara umum dilakukan pada Penutupan Pesparani III di Ancol, Jakarta Utara. Kontingen Provinsi Maluku meraih juara pertama pada cabang Paduan Suara Dewasa Gregorian, Paduan Suara Dewasa Campuran, dan Cerdas Cermat Rohani Anak.

Tempat kedua diraih oleh Provinsi Sulawesi Utara setelah menjuarai dua cabang lomba, yaitu Paduan Suara Dewasa Wanita dan Menyanyikan Mazmur Dewasa. Sementara itu, Provinsi Jawa Tengah menempati posisi ketiga dengan dua gelar juara, yaitu Paduan Suara Remaja Gregorian dan Menyanyikan Mazmur Remaja.

Tuan rumah DKI Jakarta juga berhasil meraih dua gelar juara, yaitu Paduan Suara OMK Campuran dan Menyanyikan Mazmur OMK. Cabang Paduan Suara Anak dimenangkan oleh Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan pemenang Cerdas Cermat Rohani Remaja direbut oleh Provinsi NTT.

Pada acara penutupan Pesparani Katolik Nasional III di Jakarta, Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC menyerahkan “Telur Perdamaian Elang Bondol” kepada perwakilan peserta sebagai simbol perdamaian. Ia mengajak seluruh peserta untuk menjadi “Duta Bhinneka Tunggal Ika” dan menjaga kebersamaan dalam keberagaman sebagai sumber kedamaian di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Pesparani Katolik Nasional III, Sebastian Salang, mengajak para peserta untuk mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kampung halaman masing-masing sebagai agen pembawa damai.

Pesparani Katolik Nasional III merupakan acara besar umat Katolik yang diikuti oleh 38 kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia. Terdapat tiga belas cabang lomba yang dinilai oleh 52 dewan juri dan 13 inspektur. Perhelatan ini tidak lepas dari dukungan Ditjen Bimas Katolik yang memberikan pelayanan terbaiknya dalam meningkatkan iman umat Katolik.