Wapres RI Minta Aparat Keamanan Mengantisipasi Aksi Teror Jelang Pemilu Serentak 2024

by -156 Views

Jakarta – (VanusNews) Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta aparat keamanan untuk mewaspadai dan mengantisipasi kemungkinan aksi teror yang muncul menjelang Pemilu serentak 2024.

“Saya sering meminta pihak keamanan untuk mewaspadai semua potensi yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilihan umum. Termasuk teroris atau kelompok-kelompok lainnya,” kata Wapres saat kunjungan kerja di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

Ma’ruf juga meminta aparat keamanan untuk memetakan tantangan-tantangan yang mungkin muncul, termasuk daerah-daerah rawan dalam pelaksanaan pemilu.

“Termasuk segala hal yang dapat mengganggu. Saya meminta Kapolri yang sudah memulai langkah dengan Densus untuk melakukannya,” pinta Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa Densus 88 Antiteror Polri terus memantau gerakan kelompok teror.

Kapolri menjelaskan bahwa pihaknya akan mengembangkan penangkapan 59 orang terduga teroris baru-baru ini, terkait dengan kelompok terafiliasi dan juga situasi global yang ada.

“Kita mencegah agar tidak terjadi kejadian dan kemudian baru kita tangkap,” tegas Lisyo Sigit Prabowo. VN-DAN