Dimulai Penggarapan Proyek LRT Jakarta Fase 1B dengan Adanya 5 Stasiun

by -182 Views

Senin, 30 Oktober 2023 – 12:18 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan peletakan batu pertama atau disebut dengan Groundbreaking LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai.

Adapun acara peletakan batu pertama itu dilakukan langsung di kawasan Velodrome, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin, 30 Oktober 2023 pagi. Heru mengatakan bahwa, LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai berada pada lima stasiun dan membentang sepanjang 6,4 kilometer (km).

“LRT Jakarta Fase 1B memiliki bentang jalur sepanjang 6,4 km yang berada pada lima stasiun yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka stasiun Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai,” kata Heru Budi.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menyebut proyek LRT Jakarta Fase 1B itu berkelanjutan dari proyek LRT Jakarta Fase 1A dengan rute Velodrome-Pegangsaan Dua. Proyek Fase 1A sudah selesai dibangun dan memiliki 6 stasiun.

Di sisi lain, Heru menjelaskan secara rinci bahwa proyek LRT Jakarta Fase 1B dan 1A memiliki jalur sepanjang 12,2 kilometer. Ke depannya, kata dia, masyarakat dapat menempuh perjalanan hanya dalam kurun waktu 26 menit saja.

“Selanjutnya yang nanti akan dilakukan pembangunannya dan sepanjang jalur 12,2 km dan dapat ditempuh selama 26 menit,” kata dia.

Sebagai informasi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan Lintas Raya Terpadu (LRT) Fase 1B rute Velodrome-Manggarai segera tuntas sehingga bisa beroperasi pada 2024.

“Targetnya mungkin 2024, bulannya saya tidak bisa menyampaikan, karena kita lihat dulu proses perjalanan fisiknya,” kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 29 Juli 2023.