Christina Aryani yakin Kasad terbaru akan meningkatkan TNI AD secara signifikan.

by -171 Views

Jakarta – (VanusNews) Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengucapkan selamat atas pelantikan Letnan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang akan segera memasuki masa pensiun.

Christina berharap Agus mampu membawa TNI Angkatan Darat menjadi lebih baik lagi, terutama dalam kepemimpinannya menjelang Pemilu 2024, di mana TNI AD mampu menjaga netralitasnya dan bersama Polri memastikan Pemilu berlangsung aman dan damai.

“Kami mengucapkan selamat atas pelantikan Letjen Agus sebagai KASAD yang baru. Tentu saja, karena pergantian ini terjadi di tengah masa jelang Pemilu, kita harapkan agar komitmen netralitas TNI, khususnya Angkatan Darat, benar-benar dijaga,” ungkap Christina kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

Christina menjelaskan bahwa isu netralitas TNI semakin menjadi sorotan karena tidak bisa dipungkiri banyak purnawirawan TNI yang memegang posisi strategis yang berkaitan dengan pemenangan tim pendukung calon presiden.

“Isu ini tentu akan menjadi sorotan. Oleh karena itu, kami dorong agar tetap memegang teguh komitmen sumpah prajurit, dan tidak tergoda dengan intrik politik kekuasaan. TNI harus menjaga netralitasnya dan memegang teguh politik negara, bukan politik kekuasaan,” ucap Christina.

Selain itu, Christina mengingatkan KASAD yang baru harus mampu menyelesaikan tugas-tugas yang selama ini menjadi perhatian masyarakat, terutama terkait pembinaan prajurit di tengah banyaknya prajurit TNI AD yang terlibat masalah hukum.

“Semoga tidak ada lagi prajurit yang terlibat dalam tindak kriminal, baik di internal maupun dengan masyarakat sipil. Sambil kita mengapresiasi penindakan yang telah dilakukan, yang selama ini sudah tegas dan transparan,” ucap Christina.

Christina meyakini bahwa KASAD yang baru, dengan pengalaman yang dimilikinya, mampu membawa institusi TNI AD menjadi lebih baik lagi.

“Karirnya telah menunjukkan kematangan kepemimpinan, itu tidak perlu diragukan lagi. Saya mendoakan agar Pak Agus sukses dalam menjalankan amanah yang baru ini,” pungkas Christina Aryani. VN-DAN