PMJ Minta Maaf, CFD hari Pelantikan Prabowo-Gibran Dilarang

by -6 Views

Jakarta – (VanusNews) Pihak Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya membatalkan kegiatan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin bertepatan dengan pelantikan Presiden terpilih Jenderal (purn) Prabowo Subianto-Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di gedung MPR/DPR, Minggu (20/10).

“Kegiatan CFD dibatalkan karena Jalan Sudirman-MH Thamrin akan dilewati oleh Presiden terpilih Jenderal (purn) Prabowo Subianto-Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Kami meminta maaf kepada masyarakat,” kata

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (17/10).

Latif menambahkan, Jalan Sudirman-Thamrin juga akan dilewati oleh kepala negara yang akan menghadiri pelantikan.

“Nantinya, ada juga kepala negara yang hadir,” jelas Latif.

Mantan Kasat Lantas Regiden, Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya ini mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan kantong parkir bagi masyarakat yang akan menyaksikan pelantikan Prabowo-Gibran.

“Sebaiknya masyarakat menggunakan angkutan umum seperti MRT, LRT, dan Transjakarta,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Jakpus Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 6.757 personel gabungan untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10).

Petugas akan disebar di tujuh titik yang menjadi tuan rumah VIP-VVIP.

“Kami telah menyiapkan pengamanan di 7 kawasan. Pertama adalah kawasan Monas, kemudian kawasan DPR, kawasan jalur Sudirman-Thamrin, kawasan akomodasi tamu negara, 12 halte MRT, dan tujuh stasiun sebagai objek pengamanan acara pelantikan presiden dan wakil presiden,” kata Condro, Kamis (17/10).

Condro menegaskan, Polri akan bekerja sama dengan TNI sebagai ring satu pengamanan Presiden dan Wakil Presiden.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan TNI karena ada presiden terpilih, di mana tanggung jawab utama ada di TNI. Gladi bersih telah dilakukan sejak kemarin, termasuk gladi perjalanan dan lainnya,” ungkap Condro.

Menurut Condro, polisi juga akan mengamankan pesta rakyat dengan menyiapkan 13 panggung di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

“Kami mengimbau agar tidak terjadi kerumunan, personel akan mengatur arus orang. Kami akan mengatur jalur kendaraan agar tamu negara, VIP, VVIP, dan masyarakat yang ingin menyaksikan panggung hiburan tetap aman,” tutur mantan Kapolsek Pademangan, Polres Jakut ini. VN-SAP