Dari IKN Langsung ke Hanoi, Prabowo Subianto Temui Presiden Vietnam Bahas Kemitraan Strategis

by -12 Views

Vietnam — Setelah berkegiatan di IKN, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto langsung melanjutkan perjalanan ke Hanoi, Vietnam untuk bertemu dengan Presiden Vietnam H.E. Tô Lâm, Jumat (13/9).

Kedatangan Prabowo di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi sekitar pukul 16.15 waktu setempat disambut hangat oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, H.E. Do Hung Viet, Dubes Vietnam untuk RI, H.E. Ta Van Thong, Direktur Jenderal, Departemen Asia Tenggara, Asia Selatan, Pasifik Selatan Bapak Nguyễn Tất Thành dan Atase RI di Vietnam Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto.

Selanjutnya, Prabowo bersama Presiden Vietnam mengadakan makan malam bersama dan pertemuan bilateral antara kedua negara. Prabowo mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dan menyampaikan salam dari Presiden Jokowi.

“Presiden Republik Vietnam, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menerima saya hari ini, saya membawa salam hangat dari Presiden Joko Widodo,” kata Prabowo.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo juga mengucapkan selamat atas Hari Kemerdekaan Vietnam ke-79 pada 2 September 2024 dan mendoakan kesuksesan bagi negara Vietnam.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Vietnam atas perayaan Hari Kemerdekaan Republik Vietnam ke-79. Semoga terus sukses dalam pembangunan Vietnam,” ucap Prabowo.

Dalam pertemuan ini, Prabowo mengungkapkan bahwa Vietnam adalah negara sahabat yang baik dan memiliki hubungan yang erat. Keduanya berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang ke depan.

“Bagi kami, Vietnam adalah sahabat besar, kami sangat menghargai hubungan ini, dan saya berkomitmen untuk mempererat serta memperluas kerja sama ini. Kami juga memiliki kemitraan strategis yang komprehensif yang akan terus berlanjut,” ungkap Prabowo.

Di akhir pertemuan, Prabowo juga memperkenalkan diri sebagai Presiden terpilih 2024-2029 dan mengundang Presiden Vietnam H.E. Tô Lâm untuk menghadiri acara pelantikannya pada 20 Oktober 2024.

“Yang Mulia, sebenarnya saya datang ke sini untuk memperkenalkan diri kepada Anda, untuk memberitahukan bahwa saya akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia berikutnya. Saya datang untuk memberitahukan kepada Anda, dan jika Anda memiliki waktu, Anda bisa hadir dalam pelantikan saya. Itu akan menjadi kehormatan besar bagi rakyat saya. Terima kasih banyak,” tutup Prabowo. (RR)

Source link