LEADERSHIP OF THOSE WHO FOUGHT WITH ME [MAJOR GENERAL TNI (RET.) GLENNY KAIRUPAN]

by -161 Views

Selain belajar dari para pemimpin saya, saya juga belajar dari saudara-saudara sejawat saya. Saya berbagi cerita tentang beberapa dari mereka dalam buku ini. Tentu banyak lagi rekan junior saya yang sama-sama berprestasi, namun saya tidak bisa membagikan semuanya dalam buku ini, jika tidak buku ini tidak akan pernah selesai.

JENDERAL TNI (PURN.) GLENNY KAIRUPAN

Jenderal Besar Glenny telah menjadi salah satu sahabat terbaik saya sejak kami menjadi kadet. Kami berdua menjadi kadet pada tahun 1970. Kami berada di perusahaan yang dipimpin oleh Letnan Satu Azwar Syam. Kami merasakan suka dan duka, kegembiraan dan kesedihan bersama-sama sebagai kadet, perwira muda, perwira, dan lainnya.

Ketika saya berada di Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS), beliau bergabung dengan divisi Penerbangan Angkatan Darat (PENERBAD). Kami bertemu di Timor Timur hampir setiap kali setelah saya terlibat dalam baku tembak. Jika ada yang terluka di kelompok saya atau ada korban, beliau akan menjadi yang pertama tiba dengan helikopter untuk mengangkut para korban atau yang terluka.

Kadang-kadang tidak aman baginya untuk mendarat karena kami berada di lereng, namun beliau mengambil risiko dan tidak takut untuk mendarat karena dia tahu akan sulit bagi kami jika dia tidak mengangkut yang terluka dan yang jatuh.

Jenderal Besar Glenny telah menjadi salah satu sahabat terbaik saya sejak kami menjadi kadet pada tahun 1970. Kami berada di perusahaan yang dipimpin oleh Letnan Satu Azwar Syam. Kami merasakan suka dan duka, kegembiraan dan kesedihan bersama-sama sebagai kadet, perwira muda, dan lainnya.

Pak Glenny Kairupan memiliki fisik yang sangat kuat dan atletis. Beliau ramah dan jenaka, selalu menyambut dengan kehangatan karena kepribadian ramah dan santainya. Beliau juga merupakan jiwa yang berani dan patriotik.

Ketika saya berada di KOPASSUS, beliau bergabung dengan divisi Penerbangan Angkatan Darat (PENERBAD). Kami sering bertemu di Timor Timur, hampir setiap kali setelah saya terlibat dalam baku tembak. Jika ada yang terluka atau ada korban, beliau akan menjadi salah satu yang pertama tiba dengan helikopter untuk mengevakuasi mereka kembali ke pangkalan.

Terkadang sangat berisiko bagi beliau untuk mendarat karena kami berada di lereng curam, namun beliau dengan berani melakukannya karena dia tahu akan sulit bagi kami untuk melawan musuh jika beliau tidak mengangkut yang terluka dan yang jatuh.

Kami telah beberapa kali melakukan operasi bersama di medan yang sulit. Di Timor Timur, di Papua, dan di daerah perbatasan. Kami bekerja sama dalam operasi lapangan sampai beliau dipromosikan sebagai Wakil Komandan Resor Militer (WADANREM) di Timor Timur. Kemudian beliau pensiun sebagai Jenderal Besar. Bahkan sekarang, beliau masih membantu saya di Kementerian Pertahanan.

Pak Glenny Kairupan juga seorang olahragawan. Dia seorang penembak yang hebat. Ketika menjadi kadet, beliau adalah anggota tim atletik rintangan. Dia juga seorang pemain tenis yang baik. Itulah kualitas seorang pemimpin militer: aktif, dinamis, energik, dan bersuka cita. Beliau selalu bersemangat untuk belajar, dan dia adalah sahabat dekat Pak Wismoyo Arismunandar.

Source link