Calon Tunggal untuk Diuji DPR adalah Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI Baru

by -176 Views

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat presiden yang berisi calon Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono. Namun, Meutya enggan untuk mengungkapkan nama yang diusulkan oleh Presiden saat ini. Hal tersebut akan disampaikan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Meutya menjelaskan bahwa calon yang diajukan oleh Presiden adalah calon tunggal sesuai dengan Undang-Undang. Komisi I akan menjadwalkan fit and proper test untuk calon Panglima TNI setelah menerima surat presiden tersebut.

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono juga mengonfirmasi bahwa Presiden telah menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Dave menilai bahwa Jenderal Agus merupakan pilihan yang tepat dan dapat melanjutkan reformasi di internal TNI serta menjaga keutuhan negara. Meskipun baru saja diangkat menjadi KSAD TNI, Dave yakin bahwa Jenderal Agus memiliki pengalaman dan sikap yang terbaik untuk menjabat sebagai panglima berikutnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan berusia 58 tahun pada 26 November 2023 dan resmi pensiun sesuai dengan aturan Undang-Undang tentang Tentara Nasional Indonesia. Sedangkan Jenderal Agus Subiyanto baru saja menjabat sebagai Kepala Staf TNI AD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman pada 25 Oktober 2023.