AMIN Diperiksa Kesehatannya di RSPAD

by -170 Views

Jakarta – (VanusNews) Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto selama 8-10 jam.

“Pemeriksaan akan dilaksanakan selama 8 hingga 10 jam dan tergantung pemeriksaan nantinya,” kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Budi Sulistya saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Budi menjelaskan, prinsip pemeriksaan dilakukan secara profesional, independen, dan dapat dipercaya.

“Secara prinsip, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan tahapan rutin yang kami laksanakan,” ujar Budi.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan Anies-Muhaimin adalah yang pertama kali dilakukan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Hasyim, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar merupakan pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPU dan mendapatkan kesempatan pertama untuk menjalani pemeriksaan ini.

“Hasil pemeriksaan ini berada di luar kewenangan KPU dan pihak RSPAD yang akan mengeluarkan hasil serta menentukan kelulusan (atau tidak) dari pemeriksaan kesehatan ini,” kata Hasyim.

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat untuk menjalani serangkaian tes kesehatan yang dijadwalkan oleh KPU RI pada Sabtu (21/10/2023).

Pasangan yang didukung oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS ini datang secara terpisah ke RSPAD Gatot Soebroto.

Pertama kali yang datang adalah Muhaimin Iskandar menggunakan mobil SUV dengan nomor polisi B 1 PKB sekitar pukul 06.50 WIB.

Sementara itu, Anies Baswedan datang dengan mobil berbeda dengan nomor polisi B 7777 AR. Keduanya menggunakan kemeja putih dan celana gelap dengan kompak.

“Saya berpuasa sejak pukul 08.00 WIB dan siap menjalani tes kesehatan ini,” ujar Anies Baswedan kepada wartawan.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa dirinya menjalani puasa untuk mengikuti serangkaian tes kesehatan tersebut.

“Tadi malam saya sudah mengisi formulir yang ditanyakan,” kata Muhaimin. VN-DAN