LSM Bitung bukanlah massa pro Israel, melainkan hanya LSM lokal yang bergerak di daerah Bitung.

by -142 Views

Senin, 27 November 2023 – 00:57 WIB

Sulut – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) memberikan klarifikasi tentang bentrok yang melibatkan dua kelompok massa yang diduga antara pendukung Palestina dan pro Israel di Kota Bitung, Sulut.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto, menegaskan bahwa informasi yang menyatakan adanya bentrok antara pendukung Palestina dan pro Israel sebenarnya tidak benar. Ormas yang terlibat dalam bentrok tersebut bukanlah ormas pendukung pro Israel, tapi hanya ormas LSM Bitung.

Setyo menyebut bahwa penyebab bentrok diduga karena adanya kesalahpahaman antara kedua kelompok massa tersebut. Namun, penyebab sebenarnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Setyo juga mengungkapkan bahwa situasi telah menjadi kondusif setelah aparat gabungan TNI-Polri dikerahkan. Kelompok massa telah kembali ke kediaman masing-masing, namun pihak kepolisian tetap melakukan pengamanan patroli untuk mencegah terjadinya kerusuhan lebih lanjut.

Sebelumnya, telah terjadi bentrok antara ormas di Kota Bitung tersebut. Bentrok ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023.

Bentrok antara ormas pendukung Palestina dan pro Israel tersebut pun menjadi viral di media sosial. Menurut informasi yang diperoleh, kedua kelompok massa itu adalah pendukung pro Israel dan Palestina.

Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro lsraeI dan PaIestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023,” tulis akun Instagram @fakta.indo.