Mengundurkan Diri dari Polri, Komjen Agus Andrianto: Pensiun Secara Sukarela

by -3 Views

Senin, 21 Oktober 2024 – 13:30 WIB

Jakarta, VIVA – Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto menegaskan bahwa dia pensiun dari Korps Bhayangkara setelah ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Pria yang masih menjabat Wakapolri tersebut menyatakan bahwa dia pensiun atas keinginannya sendiri. Agus mengungkapkan bahwa dia sudah mundur dari jabatan orang nomor dua di tubuh Polri.

“Pensiun atas permintaan sendiri,” kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2024.

Jenderal bintang tiga itu mengungkapkan bahwa dia dipercayakan oleh Prabowo untuk membantunya dalam menjalankan program selama memimpin negara selama 5 tahun ke depan. Agus mengaku bahwa dia sudah menerima arahan dari Prabowo untuk menjalankan tugasnya nanti.

Menurut Agus, dia akan menjalankan arahan dari Prabowo karena sekarang menjabat sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

“Arahannya dari Bapak Presiden, bukan dari Pak Kapolri. Arahannya kan dari Pak Presiden ya. Kami hanya mendapat tugas dari Bapak Presiden untuk membantu beliau apa yang menjadi program beliau akan kita bantu,” ujar dia lagi.

Sebelumnya dilaporkan bahwa ada seorang jenderal polisi aktif yang ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai menteri. Dia adalah Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto. Pria yang diketahui menjabat sebagai Wakapolri itu dipilih menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Selanjutnya, mantan Menteri Pertahanan ini menunjuk dua jenderal purnawirawan Polri masuk ke dalam kabinetnya, yaitu Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Purwadi Arianto ditunjuk sebagai Wakil Menteri PAN/RB. Lalu, ada nama Komjen Polisi Purn Suntana. Mantan Kepala Badan Intelkam Polri ini juga ditunjuk sebagai Wamen Perhubungan.