Pakar Komunikasi: Jamiluddin Ritonga Sepantasnya Menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika di Kabinet Prabowo-Gibran

by -57 Views

Jakarta – (VanusNews) Pakar Komunikasi Chaerul Tamimi menilai Jamiluddin Ritonga sangat layak untuk menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang.

Chaerul mengakui bahwa dia sangat mengenal kredibilitas Jamiluddin Ritonga di bidang komunikasi dan informatika baik sebagai seorang akademisi maupun praktisi.

“Dia sangat pantas untuk menduduki jabatan tersebut. Saya sangat mengenal kredibilitasnya,” kata Chaerul saat dihubungi oleh LiraNews.com, pada Selasa (8/10/2024).

Menurut Chaerul, mengenai integritas dan idealisme, sosok yang kini menjadi Pengamat Komunikasi Politik ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

“Jangan mengajukan pertanyaan tentang idealisme, Jamiluddin adalah teladannya. Integritasnya sebagai seorang ilmuwan/akademisi juga tidak diragukan,” tegas mantan Presenter Berita TVRI ini.

Sebagai alumni IISIP angkatan 1980, Chaerul menyatakan bahwa dia sangat yakin integritas dan idealisme Jamiluddin Ritonga sudah terbentuk sejak masa kuliah.

Ia juga menambahkan bahwa hingga saat ini, integritas dan idealisme yang dimiliki oleh Jamiluddin Ritonga tidak pernah berubah.

“Saya mengenal Jamil sejak kuliah, integritas dan idealismenya sudah terbentuk sejak menjadi mahasiswa di IISIP Jakarta hingga menjadi seorang dosen di berbagai perguruan tinggi,” tutur Chaerul.

Sebagai seorang dosen Public Speaking dan Event Organizer di IISIP sejak tahun 2010, Chaerul menambahkan bahwa meskipun Jamiluddin Ritonga belum pernah menjabat di kementerian atau lembaga pemerintah, namun pengalamannya sebagai seorang Staf Ahli anggota DPR RI selama 20 tahun telah membentuknya menjadi sosok yang matang di bidang birokrasi.

“Memang benar bahwa dia belum pernah duduk di lembaga pemerintahan, tetapi dia sudah beberapa tahun menjadi Staf Ahli anggota DPR RI. Dia juga sering bekerja sama di bidang pemerintahan sebagai ahli untuk penelitian,” tutup Chaerul Tamimi.

Sebelumnya, menurut Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, menteri dari kalangan profesional kemungkinan akan mendominasi kabinet Prabowo-Gibran.

“Orang-orang profesional tampaknya akan mendominasi, daripada yang berasal dari partai politik,” kata Dasco kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis (12/9/2024). VN-DAN