From IKN to Hanoi: Prabowo Subianto Meets Vietnam’s President to Discuss Strategic Partnership

by -15 Views

Vietnam – Setelah menyelesaikan kegiatannya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan perjalanan ke Hanoi, Vietnam, untuk bertemu dengan Presiden Vietnam, H.E. Tô Lâm, pada Jumat, 13 September.

Prabowo tiba di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, sekitar pukul 4:15 sore waktu setempat dan disambut hangat oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, H.E. Do Hung Viet, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, H.E. Ta Van Thong, Direktur Jenderal Departemen Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia Selatan, Nguyễn Tất Thành, dan Atase Pertahanan Indonesia di Vietnam, Kolonel Dian Tri Hutanto.

Setelah kedatangannya, Prabowo dan Presiden Tô Lâm berbagi makan malam dan mengadakan pertemuan bilateral. Prabowo menyatakan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dan menyampaikan salam dari Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Bapak Presiden Republik Sosialis Vietnam, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kedatangan saya hari ini, dan saya membawa salam hangat dari Presiden Joko Widodo,” kata Prabowo.

Prabowo juga mengucapkan selamat kepada Vietnam atas Hari Kemerdekaannya yang ke-79, yang dirayakan pada 2 September 2024, dan mengharapkan kesuksesan terus bagi negara tersebut.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Vietnam atas Hari Kemerdekaan Republik Sosialis Vietnam yang ke-79. Saya berharap Anda terus sukses dalam membangun Vietnam,” ujar Prabowo.

Selama pertemuan, Prabowo menekankan hubungan yang erat antara Indonesia dan Vietnam, menyoroti persahabatan yang kuat dan komitmen untuk meningkatkan kerjasama di berbagai sektor ke depan.

“Bagi kami, Vietnam adalah teman yang hebat. Kami sangat menghargai hubungan ini, dan saya berkomitmen untuk memperkuat dan memperluas kerjasama ini. Kami juga memiliki kemitraan strategis komprehensif yang akan terus berkembang,” tambah Prabowo.

Di akhir pertemuan, Prabowo memperkenalkan dirinya sebagai Presiden terpilih Indonesia untuk periode 2024-2029 dan mengundang Presiden Tô Lâm untuk hadir di pelantikannya pada tanggal 20 Oktober 2024.

“Ekselen Mohon, saya datang ke sini untuk memperkenalkan diri dan memberitahukan bahwa saya akan diambil sumpah sebagai Presiden berikutnya Republik Indonesia. Jika Anda memiliki waktu, akan menjadi suatu kehormatan besar bagi rakyat saya jika Anda bisa hadir di pelantikan. Terima kasih banyak,” tutup Prabowo. (RR)

Source link