Kapolda Riau Mengumpulkan Cagub dan Cawagub untuk Menciptakan Pilkada yang Aman

by -346 Views

Jakarta – (VanusNews) Untuk menciptakan pilkada yang aman, Kapolda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengumpulkan tiga pasangan calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur di Mapolda Riau, Selasa (10/9).

Dalam pertemuan tersebut, merupakan bagian dari upaya membangun silaturahmi guna mewujudkan Pilkada damai di Provinsi Riau.

Ada tiga pasangan calon untuk Pilkada di Provinsi Riau, yaitu Abdul Wahid-SF Hariyanto, Syamsuar-Mawardi, dan M Nasir-M Wardan, ketiganya bertemu di Mapolda Riau sekitar pukul 9.00 WIB dan diantar menggunakan mobil golf dari gerbang masuk ke lokasi acara. Posisi duduk ketiga pasangan ini diatur secara acak sebagai bentuk penghormatan.

Syamsuar (mantan Gubernur Riau) duduk bersebelahan dengan SF Hariyanto (mantan PJ Gubernur Riau), Abdul Wahid (mantan anggota DPR RI) dengan Muhammad Nasir, dan M Wardan (mantan anggota DPR RI) dengan Mawardi.

Suasana hangat terlihat menyelimuti pertemuan ketiga pasangan calon tersebut. Mereka terlihat bercanda dan tertawa sepanjang acara. Kapolda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal langsung menyambut kedatangan mereka di gedung Mapolda.

Tokoh-tokoh penting seperti Ketua DPRD Riau sementara Makmun Solikihin, Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Kajati Riau Akmal Abas, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, Ketua LAM Riau Datuk Seri Raja Marjohan, serta beberapa pejabat lainnya turut hadir dalam acara tersebut.

Kegiatan dilanjutkan ke lantai 5 gedung Mapolda Riau dengan pengaturan menarik dimana pasangan calon kembali ditempatkan secara acak untuk berpasangan dengan pasangan calon lainnya. Selain pasangan calon, acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolda Riau Irjen Iqbal menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pilkada tidak harus diwarnai oleh perselisihan dan ketegangan.

Beliau berharap agar tidak ada permusuhan atau konflik yang terjadi, dan mengajak semua pihak untuk menjadikan Pilkada ini sebagai pesta demokrasi yang penuh kegembiraan.

Pihak Polda Riau akan konsisten dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Provinsi Riau, khususnya menjelang pelaksanaan pilkada serentak. Melalui kegiatan silaturahmi ini, diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif agar Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk,” tutup mantan Kepala Divisi Humas Polri ini. VN-SAP