Risma Dikabarkan Akan Didampingi Sutiaji di Pilkada Jatim 2024

by -80 Views

Surabaya – (vanusnews) Mantan Wali Kota Malang periode 2018-2023 Sutiaji akan mendampingi Tri Rismaharini (Risma) dalam Pilgub Jatim 2024. Sutiaji sebelumnya adalah kader dan pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur.

Surat rekomendasi dengan nomor 2760/IN/DPD/VII/2024 tanggal 27 Agustus 2024, yang ditandatangani oleh Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jatim Said Abdullah, telah beredar. Surat tersebut merekomendasikan Tri Rismaharini sebagai calon gubernur Jawa Timur dan Sutiaji sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur.

Sutiaji tidak menyangkal adanya surat rekomendasi tersebut. Ia mengkonfirmasi bahwa ia akan maju sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Risma.

“Insyaallah (akan maju sebagai cawagub),” kata Sutiaji seperti dilansir Detikcom, Rabu (28/8/2024).

Meskipun begitu, Sutiaji belum mengungkapkan secara rinci kapan ia dan Risma akan mendaftar ke KPU Jatim.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP dan Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah berbicara tentang sosok yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur Jatim.

Said mengatakan, PDIP kemungkinan besar akan mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Untuk Jawa Timur, Ibu Risma, insyaallah sudah fix,” kata Said di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Said berharap, pengumuman nama Risma sebagai bakal calon gubernur Jatim dilakukan pada Rabu (28/8/2024).

Diketahui, PDIP berpotensi untuk mengusung pasangan cagub-cawagub sendiri di Jatim.

“Semoga, sebagai kader, sebagai ketua DPD Jawa Timur, saya berharap besok sudah bisa diumumkan oleh DPP partai,” ujar Said Abdullah.

Tri Rismaharini bersama Sutiaji akan berhadapan dengan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dalam Pilgub Jatim 2024. Selain itu, PKB baru saja mengusung pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim dalam Pilkada Jatim 2024.