Dari Prancis Hingga Rusia, Catatan Perjalanan Prabowo Subianto Bertemu Para Pemimpin Dunia

by -176 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa mulai dari tanggal 24-31 Juli 2024.

Dalam perjalanannya tersebut, Prabowo bertemu dengan para pemimpin di empat negara yakni Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kedatangan Prabowo ke negara-negara tersebut selalu disambut langsung oleh para pemimpin negara yang dikunjunginya. Pada kunjungan pertamanya ke Istana Elysee, Rabu (24/7), Prabowo disambut oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menunggunya di luar mobil untuk memberikan salam dan pelukan hangat.

Selanjutnya, Prabowo dan Macron membahas isu keamanan global dan rencana peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, seperti modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan, latihan, dan forum dialog.

Selain bertemu dengan Macron, Prabowo juga menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 atas undangan Presiden Joko Widodo. Prabowo juga bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden International Olympics Committee, Thomas Bach untuk membahas upaya meningkatkan sepakbola di Indonesia serta potensi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Setelah Prancis, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Serbia untuk bertemu dengan Presiden Aleksandar Vucic. Pertemuan keduanya bertujuan untuk memperkuat dialog politik dan kerja sama ekonomi di berbagai bidang yang menguntungkan kedua negara.

Selain itu, Prabowo juga mengunjungi Turki dan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Mereka membicarakan komitmen kedua negara di bidang pertahanan dan industri pertahanan.

Terakhir, Prabowo mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Mereka membahas kerja sama Indonesia-Rusia di bidang pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, dan pertahanan. Prabowo juga menyinggung kemungkinan kerja sama di bidang energi nuklir dan mengundang Rusia untuk menghadiri pameran pertahanan di Indonesia pada November 2024.

Source link