PKB Sebut Surya Sebagai Pendamping Bobby Nasution dalam Usungan Nagita Slavina, Namun Kedekatan Belum Final

by -56 Views

Medan – Partai Gerindra dan Golkar mendukung Bupati Asahan, Surya, menjadi bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara, mendampingi Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Sumatera Utara.

Sebelumnya, Golkar sudah memutuskan mendukung dan mengusung Bobby di Pilkada Sumut. Golkar juga mengajukan nama Surya untuk mendampingi menantu Presiden Jokowi itu. Belakangan, Gerindra yang partai asal Bobby, mendukung duet Bobby-Surya.

Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, sebagai salah satu partai pendukung dan pengusung Bobby, merespons usulan nama Bupati Asahan mendampingi Bobby itu. Ia mengatakan belum final ditingkat partai politik pengusung.

Bendahara DPW PKB Sumut, Zeira Salim Ritonga, mengatakan bahwa masing-masing partai politik pengusung suami Kahiyang Ayu memiliki calon pendamping Boby. Termasuk PKB mengusung Nagita Slavina. Sehingga keputusan akhir akan dimusyawarahkan terlebih dulu.

“Sikap PKB masih menunggu resmi dari Bobby Nasution terkait wakil beliau, (Surya) itu Golkar yang merekomendasikan ke Bobby,” ucap Zeira saat dikonfirmasi VIVA Medan, Selasa 16 Juli 2024.

Zeira sendiri mengaku, PKB tetap konsisten untuk mengajukan Nagita Slavina sebagai pendamping Bobby Nasution di Pilgub Sumut tahun 2024 ini.

“Golkar merekomendasikan Surya kemudian disampaikan ke parpol pengusung dan akan dibahas serta dimusyawarahkan. Sah-sah saja, Golkar merekomendasikan si A, si B. Masing-masing parpol memiliki jagoan disorongkan untuk Wakil Bobby,” ujar Zeira.

Untuk diketahui, Partai Golkar merupakan partai pemenang di Provinsi Sumut pada Pemilu 2024, dengan mengantongi 21 kursi. Seharusnya, tanpa koalisi Golkar bisa mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2024. Namun, partai ini mendukung dan mengusung Bobby.

Selain Golkar, Bobby Nasution juga diusung Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Nasdem, dan PKB. Sehingga koalisi ‘gemuk’ siap mengantar kemenangan bagi Bobby dan Surya di Pilgub Sumut 2024.

Diberitakan sebelumnya, DPD Golkar Sumatera Utara memperkenalkan Bupati Asahan, Surya sebagai Bacalon Wakil Gubernur Sumut, Surya sebagai pendamping Muhammad Bobby Afif di Pilgub Sumut 2024.

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah kepada wartawan, usai menghadiri kegiatan DPD Golkar Sumut, berlangsung di JW Hotel. Marriott Hotel Medan, Senin siang, 15 Juli 2024.

Dalam kegiatan ini, dihadiri seluruh Caleg terpilih hasil Pemilu 2024 akan menjadi anggota Fraksi Golkar di DPRD Sumut dan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumut dan Bacalon Kepala Daerah diusung dan didukung partai Golkar di Pilkada serentak 2024 ini

“Memperkenalkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, untuk meyakinkan sekali lagi, semua fraksi Golkar baik incumbent maupun terpilih dan Calon Kepala Daerah,” kata pria yang akrab disapa dengan Ijeck.

Ijeck memperkenalkan Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Bobby Nasution – Surya, agar mesin partai Golkar dari tingkat provinsi hingga akar rumput dapat menenangkan pasangan Bacalon ini, di Pilkada Sumut pada 27 November 2024 ini.

“Tidak saja provinsi saja, harus seluruh Kabupaten/Kota sampai basis desa bergerak semuanya serta ormas-ormas partai Golkar,” sebut Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023 itu.

“Kami harapkan, penyampaian tadi dan Bobby hadir juga, tapi kita sampaikan keseriusan Golkar memenangkan calon Gubernur kita, pak Bobby Afif Nasution dan Wakilnya, Surya sebagai kader Golkar,” kata Ijeck kembali.

Ijeck mengungkapkan pengajuan Surya sebagai pendamping Bobby Nasution di Pilgub Sumut sudah mendapatkan restu dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

“Sudah disetujui DPP Golkar, pak Airlangga Hartarto. Pak Bobby adalah Kader Gerindra, Gerindra dan Golkar partai koalisi untuk Gubernur Sumut, Bobby Afif Nasution dan Wakilnya, partai Golkar, Surya,” jelas Ijeck.

Ijeck mengungkapkan pengajuan Surya juga melalui diskusi bersama menantu Presiden Joko Widodo itu, siapa sosok yang layak mendampingi dirinya di Pilgub Sumut 2024 ini. Sehingga disepakati bersama adalah Bupati Asahan itu.