Imbauan Bupati Bone Bolango untuk Warga agar Menghentikan Aktivitas di Lokasi Tambang yang Terkena Longsor

by -63 Views

Kamis, 11 Juli 2024 – 15:19 WIB

Bone Bolango – Bupati Kabupaten Bone Bolango Merlan Uloli mengimbau masyarakat untuk menghentikan sementara aktivitas di lokasi tambang emas rakyat Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, akibat masih terjadi pergerakan tanah.

Merlan Uloli di Gorontalo, Kamis, 11 Juli 2024, mengatakan bahwa warga khususnya penambang diminta untuk tidak berada di lokasi pertambangan untuk sementara waktu, mengingat saat ini di lokasi sedang berlangsung operasi SAR dan masih terjadi pergerakan tanah.

Ia mengatakan, begitu juga kepada warga atau penambang lainnya yang ingin pergi ke lokasi tambang, diimbau untuk menunda niatnya demi keselamatan diri.

Dia juga menekankan bahwa jangan sampai hanya karena kelalaian diri sendiri yang mengabaikan anjuran pemerintah, malah akan mempersulit dan menambah pekerjaan bagi tim SAR. Belum lagi, katanya, sampai dengan saat ini, sebagian besar wilayah di Gorontalo khususnya Kabupaten Bone Bolango tengah diguyur hujan, dan memungkinkan terjadinya peristiwa yang dapat mengancam keselamatan jiwa masyarakat.

“Ia juga mengatakan telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing jajaran pemerintah hingga seluruh masyarakat yang ada di desa-desa, untuk melaksanakan doa untuk negeri secara serentak di masing masing-masjid. Hal ini bertujuan untuk mendoakan arwah para korban tanah longsor di lokasi tambang rakyat Bone Bolango, dan yang belum ditemukan juga segera dapat ditemukan dalam kondisi selamat. Dalam surat edaran tersebut, pelaksanaannya pada Jumat (12/07) pukul 08.00 WITA. Sementara untuk jajaran Pemda Bone Bolango, dilaksanakan secara terpusat.”