LSM LIRA Mengadakan Rapimnas dan Memperingati HUT ke-19 di Sidoarjo Jawa Timur

by -34 Views

Sidoarjo – (VanusNews) Presiden Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), HM. Jusuf Rizal S.H menyatakan LIRA harus menjadi organisasi besar yang memiliki keberanian dan memiliki konsep juang yang jelas.

Demikian disampaikan JR (sebutan akrab) usai melantik Syamsudin yang terpilih sebagai Gubernur LIRA Jatim periode 2024-2027 dalam Musyawarah Wilayah (Muswil), di Hotel Sun City, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Selasa (25/6/2024).

Muswil LSM LIRA Jatim mengawali Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) LSM LIRA ke-19 tahun. Gelaran acara LSM LIRA tersebut berlangsung selama tiga hari, Selasa (25/6) hingga Kamis (27/6).

“Jangan sampai kemudian menjadi organisasi yang justru dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok maupun golongan tertentu,” imbuh pria berdarah Madura-Batak itu.

JR mengharapkan terpilihnya gubernur LSM LIRA Jatim yang baru akan semakin membawa LIRA menjadi organisasi yang lebih baik, semakin jaya, tegas, dan berani.

“Komitmen itu, senantiasa kami kukuhkan sebagai upaya menjunjung semangat berjuang LSM LIRA sebagai mitra pemerintah maupun rakyat yang kritis dan independen,” tandasnya.

Selain itu, JR juga memberikan pesan kepada seluruh jajaran anggota LIRA baik kepada wali kota dan bupati LSM LIRA se-Indonesia agar tetap menjaga kredibilitas lembaga tersebut.

Beliau menekankan pentingnya integritas, loyalitas, dan komitmen untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang dalam organisasi LSM LIRA.

Dalam seruannya, Jusuf Rizal mengimbau kepada semua anggota yang masih memiliki integritas, loyalitas, dan komitmen untuk mengikuti pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Karena ini dianggap sebagai langkah krusial untuk melakukan konsolidasi demi kemajuan bersama.

“Bagi yang masih memiliki integritas, loyalitas dan komitmen untuk bersama-sama serta tumbuh bersama organisasi LSM LIRA, dihimbau mengikuti pelaksanaan Rapimnas guna melakukan konsolidasi untuk kemajuan bersama,” tegasnya.

Namun, bagi anggota yang sudah tidak memiliki niat untuk maju dan berkembang bersama LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal menyampaikan bahwa organisasi tidak bisa memaksa. Dia menegaskan bahwa ke depan, LSM LIRA membutuhkan militansi, bukan sekedar anggota yang pasif.

Bagi yang memang sudah tidak memiliki syahwat untuk maju dan berkembang bersama LSM LIRA, sesuai dengan hak demokrasi, LSM LIRA tidak bisa memaksa. Karena ke depan organisasi butuh militansi, bukan sekedar bunga-bunga tidur,” tegasnya.

Dalam penutup seruannya, Jusuf Rizal mengingatkan kembali misi LSM LIRA untuk membangun Indonesia dan menjaga negeri. Dia mengajak anggota untuk fokus mengurus yang mau diurus dan membina yang mau dibina, serta meminta anggota yang sudah besar untuk ikut membina.

100 Hari Kerja

Dalam sambutannya, Gubernur LSM LIRA Jatim terpilih Syamsudin menegaskan, bahwa dalam 100 hari kerja akan melakukan evaluasi terhadap anggota atau pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang dinilainya sekedar numpang ketenaran.

“Khususnya jika ada anggota yang hanya menumpang nama saja, kemudian tidak ada kontribusi untuk Organisasi, bangsa dan negara ini, kami akan mengevaluasi,” tegasnya.

Salah satu pengusaha muda sukses asal Probolinggo tersebut juga mengatakan, dirinya siap menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

“Kita harus memiliki semangat kebersamaan dalam membesarkan organisasi kita,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas suksesnya acara HUT LSM LIRA ke-19 dan Rapimnas yang diselenggarakan di kota Sidoarjo ini.

“Kami ucapkan terima kasih untuk seluruh panitia serta pengurus DPW dan DPD LSM LIRA Jawa Timur. Terima kasih atas kerja sama dan kehadirannya dalam menyukseskan acara HUT LSM LIRA yang ke-19 dan Rapimnas LSM LIRA,” ucapnya.

Syamsudin mengatakan, kesuksesan gelaran Rapimnas dan HUT LSM Lira ke 19 adalah kesuksesan bersama dan kesuksesan semua yang sudah meluangkan waktu serta pikiran selama acara berlangsung. “Bersama kita kuat, menuju LIRA yang hebat,” ucap Syamsudin. (*)