Bappebti Memutuskan Untuk Mem Blokir Situs Perdagangan Berjangka Komoditi yang Ilegal

by -54 Views

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir 1.855 situs web yang melakukan kegiatan ilegal dalam Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). Pemblokiran tersebut dilakukan oleh Kementerian Perdagangan sepanjang tahun 2023 untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian akibat kegiatan ilegal tersebut.

Menurut Plt. Kepala Bappebti, Kasan, penawaran ilegal dalam PBK masih marak terjadi melalui berbagai media seperti media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap penawaran dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Bappebti secara rutin melakukan upaya preventif dan represif untuk menjaga keamanan masyarakat dari modus penipuan dalam PBK.

Kasan juga menekankan pentingnya kolaborasi antara Bappebti dan masyarakat dalam memberantas kegiatan ilegal di bidang PBK. Masyarakat diharapkan untuk melaporkan jika menemukan penawaran ilegal tersebut. Aldison menegaskan bahwa setiap entitas yang akan melakukan kegiatan PBK di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan patuh pada ketentuan peraturan yang berlaku.

Situs web yang sudah diblokir oleh Bappebti bisa dinormalisasi jika pemilik situs tersebut beritikad baik untuk mengurus perizinan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pembinaan terhadap entitas ilegal agar patuh pada peraturan yang berlaku. Masyarakat juga diingatkan untuk selalu memeriksa legalitas perusahaan sebelum melakukan transaksi dalam PBK.

Untuk informasi lebih lanjut tentang legalitas perusahaan di bidang PBK, masyarakat dapat mengakses situs web resmi Bappebti melalui tautan https://ceklegalitas.bappebti.go.id/.

Source link