Prioritize a Peaceful Dialogue | VanusNews.com

by -60 Views

Dr Nikson Nababan

Jakarta – (VanusNews) Membuat Provinsi Sumatera Utara menjadi daerah yang menjunjung tinggi rasa toleransi untuk semua agama menjadi salah satu program prioritas Bakal Calon Gubernur Sumatera Nikson Nababan.

Pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara selama dua periode (2014-2024) ini menambahkan, selama ia menjabat sebagai Bupati yang daerahnya mayoritas penduduknya beragama Nasrani dirinya selalu mengedepankan dialog yang sejuk kepada tokoh-tokoh agama baik yang muslim maupun kristen.

“Kita akan lebih mengedepankan dialog yang harmonis kepada tokoh-tokoh agama agar tidak ada lagi masalah intoleransi diantara umat beragama,” jelasnya.

Disisi lain, untuk mengembangkan potensi pembangunan di Sumatera Utara, khusus daerah- daerah tertinggal Nikson berpendapat perlu adanya konektivitas yang baik salah satunya dengan membangun berbagai infrastruktur penunjang seperti jalan raya, jembatan dan pelabuhan baik laut maupun udara.

Masih dalam paparannya, yang disampaikan di acara talk show yang diadakan oleh Perkumpulan Media Kristiani Indonesia (PERWAKI), prioritas program yang tak kalah penting nya adalah membangun sistem teknologi pertanian yang lebih canggih mulai dari penanaman bibit, pemupukan hingga panen.

“Sistem pertanian di Sumatera Utara lambat laun harus makin berubah dari yang sifatnya tradisional menjadi teknologi pertanian canggih,” kata Nikson

Guna melindungi tanah ulayat Nikson mempunyai cara sendiri salah satunya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik mulai dari masyarakat yang mencari mata pencaharian di daerah tersebut, pihak swasta sampai dengan unsur pemerintah itu sendiri.

Semasa menjabat Bupati peraih Gelar Doktor di paska sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini sudah mengembalikan tanah ulayat seluas hampir 50 ribu hektar. VN-DAN