Warm Moment as Prabowo Subianto Embraces Timor Leste President Ramos Horta at IISS Shangri-La Forum

by -74 Views

Jakarta – Saat Konferensi Dialog Shangri-La 2024 yang diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies (IISS) di Singapura, sebuah momen yang menarik terjadi ketika Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Prabowo dan Horta secara hangat bertemu dan berbincang saat mereka berjalan bersama ke meja makan pada Jumat (31/5). Prabowo, yang mengenakan setelan hitam, terlihat tertawa, berpelukan, dan mengelus bahu Horta. Suasana diskusi antara kedua tokoh nasional itu terserap dalam momen hangat.

Dalam sesi tanya jawab, Prabowo mengungkap bagaimana Indonesia, yang pernah memiliki konflik dengan Timor Leste, kini menjadi sahabat baik.

“Bayangkan, sekarang saya duduk bersama Ramos Horta. Dia mengundang saya ke Timor Leste dan saya sedang mempertimbangkan untuk menghadiri,” kata Prabowo.

Prabowo melanjutkan, Indonesia memiliki sejarah panjang dengan negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, dan Singapura. Meski konflik pernah terjadi, upaya untuk mengurangi ketegangan terus dilakukan.

“Kami menyelesaikan perbedaan kami tanpa campur tangan kekuatan eksternal manapun. Kami menyelesaikan perbedaan kami, kami mengakhiri perselisihan dengan Malaysia dan Singapura,” ujar Prabowo.

“Sekarang kami seperti saudara. Sekarang kami berbicara tentang membangun, mungkin sebuah jembatan antara Singapura dan Batam, sebuah jembatan antara Malaysia dan Indonesia,” tambahnya.

Source link