Menilik Kekuatan PKB Pangandaran untuk Pilkada 2024

by -89 Views

DAILYPANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pangandaran membuka penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, PKB Pangandaran yang memiliki 5 kursi di DPRD tentu belum bisa melakukan pencalonan hanya dari 1 partai saja.

Partai bernuansa hijau tersebut harus berkoalisi dengan partai lain untuk mendapatkan 20% kursi dari 40 kursi yang ada sebagai salah satu syarat untuk mengusung Bacabup sendiri.

Partai yang dipimpin oleh Cak Imin ini menjadi salah satu partai oposisi dari pemerintah Kabupaten Pangandaran sejak Pilkada lima tahun yang lalu. Pada tahun 2020, PKB mengusung mantan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari (alm) dan Supratman (tokoh pemekaran) atau Aman.

PKB yang berkoalisi dengan Golkar kalah tipis saat itu dalam pertarungan melawan petahana pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara).

Dalam hasil Pilkada 2024 Pangandaran, pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) keluar sebagai pemenang. Namun, selisih suara antara pasangan Juara dan pasangan Aman (Adang Hadari-Supratman) hanya 9.965 suara.

Meskipun pasangan Juara memenangkan Pilkada, namun selisih suara yang tipis menunjukkan bahwa pasangan Juara hampir kalah. Pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan berhasil meraih suara terbanyak dengan 138.152 suara, sedangkan pasangan Adang Hadari-Supratman meraih 128.187 suara.

Saat itu, PKB hanya berkoalisi dengan Golkar, sementara PDI Perjuangan memiliki koalisi yang lebih solid dengan PPP, PKS, PAN, Gerindra, dan Perindo.

Ketua DPC PKB Pangandaran, Otang Tarlian menyatakan bahwa PKB terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain. Dengan hanya memiliki 5 kursi DPRD Pangandaran, PKB belum cukup untuk mengusung calon dari satu partai saja.

Otang menegaskan bahwa PKB sudah menjalin komunikasi politik dengan baik dengan PAN dan Golkar. Pihaknya menyatakan kesiapan untuk berkoalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilkada 2024 Pangandaran.

Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran dari PKB sudah dibuka mulai 24 April hingga 4 Mei 2024. Sejauh ini, sudah ada 2 tokoh yang mendaftar sebagai calon.

Selain itu, dari kalangan tokoh masyarakat dan NU di Pangandaran juga kabarnya akan masuk sebagai Bacabup dari PKB. Otang mengatakan bahwa sebagai partai yang berbasis NU, PKB menerima pendaftaran dari tokoh-tokoh organisasi tersebut.

Sumber artikel: [tautan sumber]

Source link