Mempertahankan Keamanan saat Menggunakan Teknologi Digital

by -102 Views

Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Mulai dari perangkat pintar hingga aplikasi inovatif, teknologi memberikan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, seperti inovasi lainnya, teknologi juga memiliki tantangan yang perlu diatasi secara komprehensif.

Menurut World Economic Forum (WEF), keberadaan inovasi teknologi harus mengutamakan kepentingan dan keamanan penggunanya. Salah satu aspek penting adalah redressability, yaitu kemampuan untuk mengatasi masalah yang timbul dalam konteks teknologi. Redressability menjadi penting karena tanpa mekanisme yang efektif, teknologi dapat menjadi sumber ketidaknyamanan, ketidakadilan, bahkan kerusakan bagi individu atau masyarakat.

Ferga Aristama, Alumni Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, menekankan pentingnya keamanan data dan privasi pengguna dalam redressability. Perusahaan teknologi lokal seperti Phintraco Group dan radika karya utama telah mengimplementasikan mekanisme redressability dengan melindungi data pengguna dan menyediakan mekanisme pengaduan jika terjadi pelanggaran.

Menurut Ferga, redressability seharusnya menjadi salah satu elemen utama yang diperhatikan oleh seluruh kalangan dalam perkembangan teknologi. Langkah-langkah untuk meningkatkan redressability antara lain mencakup memiliki kebijakan dan prosedur yang jelas untuk menangani masalah pengguna, terbuka terhadap umpan balik, dan peran pemerintah dan badan regulasi dalam menetapkan standar keamanan data dan privasi.

Dengan meningkatkan redressability dalam teknologi, diharapkan dapat meningkatkan komitmen terhadap cyber security, mengurangi trust gap antara ekspektasi dan realitas cyber security, serta melindungi hak-hak pengguna. Langkah-langkah tersebut termasuk memiliki pusat bantuan responsif, proses penanganan keluhan transparan, dan kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan pemerintah dan badan regulasi.

Sumber: https://bandungraya.inews.id/read/430302/redressability-cara-agar-tetap-aman-dalam-menggunakan-teknologi-digital/3

Source link