Mulyanto Minta Pemerintah Untuk Mengurangi Penyalahgunaan Gas Melon dengan Menerapkan Sistem Distribusi Tertutup demi Minimalisasi Penyalahgunaan Gas Melon

by -144 Views

Jakarta – (VanusNews) Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan kabar yang beredar tentang artis Prilly Laruconsina yang kedapatan menggunakan gas LPG 3 kg bersubsidi untuk memasak.

Menurut Mulyanto, peristiwa ini menunjukkan bahwa sistem pengawasan dan distribusi gas LPG melon masih belum teratur, sehingga siapapun bisa mendapatkannya, termasuk kalangan artis dengan penghasilan tinggi.

“Saya meminta pemerintah segera mempercepat registrasi pengguna gas melon 3 kg agar kita memiliki data yang akurat untuk membangun sistem distribusi tertutup,” kata Mulyanto kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Mulyanto menilai bahwa data ini penting sebagai dasar evaluasi untuk menyusun kriteria sistem distribusi LPG secara tertutup dan menetapkan siapa yang berhak menggunakan gas melon 3 kg bersubsidi.

Menurut Mulyanto, DPR RI sudah lama meminta pemerintah menyusun data mengenai masyarakat yang layak menggunakan gas LPG bersubsidi, namun hingga kini data tersebut belum tersedia.

“Data ini sangat penting untuk mengukur konsumsi LPG bersubsidi bagi masyarakat tidak mampu. Penting untuk mengontrol nilai subsidi LPG dan memastikan distribusinya tepat sasaran, bukan seperti sekarang dimana siapa saja bebas membeli gas melon 3 kg bersubsidi,” ujar Wakil Ketua F-PKS DPR RI bidang Industri dan Pembangunan ini.

Mulyanto juga mengingatkan bahwa gas LPG 3 kg ditujukan untuk masyarakat miskin dan usaha mikro yang tidak mampu.

“Jangan sampai mereka yang mampu, terutama artis, bebas membeli gas melon bersubsidi. Ini pemborosan uang negara, apalagi ketika gas melon ini diimpor yang menguras devisa negara,” kata Anggota Baleg DPR RI.

Mulyanto menegaskan bahwa sistem distribusi terbuka gas melon memerlukan pengawasan yang ketat.

“Karena barang bersubsidi harus diawasi, namun karena pengawasan pemerintah yang lemah, penyimpangan distribusi gas melon 3 kg menjadi masalah serius,” jelas Legislator asal Dapil Banten 3.

Oleh karena itu, Mulyanto mendesak pemerintah agar sistem distribusi tertutup gas melon 3 kg bersubsidi segera direalisasikan. VN-DAN