Fadjar Prasetyo adakan masa pensiun, ahli analisis menekankan pentingnya KSAU baru dalam memprioritaskan kedaulatan udara.

by -38 Views

Jakarta, VanusNews – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan memasuki masa purnabakti pada April 2024. Sesuai aturan, dirinya akan digantikan oleh perwira tinggi aktif dari angkatannya, dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier. Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Kertopati berharap KSAU yang akan dipilih nanti harus bisa memprioritaskan kinerja yang piawai menghadapi setiap pelanggaran udara kerap kali terjadi di wilayah udara NKRI.

“Nuning yang juga Dosen Unhan ini menjelaskan, sesuai hukum udara internasional, pemerintah Indonesia dan TNI AU wajib menyelenggarakan penegakan kedaulatan di wilayah udara, dan bahkan di wilayah ruang angkasa. Selain itu, lanjut Nuning, KSAU yang baru juga harus memperhatikan jumlah pesawat jet tempur yang akan dibeli juga masih dalam kategori minimal karena kalkulasinya hanya untuk beroperasi pada ruang udara di atas wilayah daratan dan lautan Indonesia. Terkait dengan nama-nama sudah beredar untuk menggantikan Fadjar Prasetyo di pos KSAU, Nuning menegaskan siapapun punya peluang besar menjadi pimpinan angkatan udara sekalipun calon tersebut adalah orang dekat istana.

“Sesungguhnya semua Bintang 3 TNI AU berpeluang jadi KSAU, tapi tentu ada perhitungan Matra sampai bersifat politis menjadikan calon yang pernah dekat dengan Presiden berpeluang lebih besar dari yang lain,” tuntas Nuning. VN-DAN.