Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat sebagai Presiden Terpilih dari Menlu AS Blinken

by -85 Views

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) atau Sekretaris Negara Anthony J Blinken memberikan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia dalam pemilihan presiden 2024. Ucapan dari Blinken ini dirilis dalam pernyataan pers pada Rabu (20/3) di situs resmi Kementerian Luar Negeri AS.

“Kami memberikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya,” ujar Blinken. “Dan sekali lagi, kami menghargai rakyat Indonesia atas partisipasi pemilih yang tinggi dan komitmen yang kuat terhadap demokrasi dan supremasi hukum,” lanjutnya.

Blinken juga mengonfirmasi bahwa AS dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik selama 75 tahun yang didasarkan pada prinsip demokrasi dan pluralisme. Indonesia dianggap sebagai mitra dan teman dekat, bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi warga negara masing-masing.

“Kami berharap dapat bekerja sama erat dengan Presiden terpilih Subianto dan pemerintahannya setelah dilantik pada bulan Oktober,” kata Blinken.

Sebelumnya, Prabowo menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden melalui surat resmi dari Gedung Putih yang disampaikan oleh Dubes AS untuk ASEAN Yohannes Abraham. Biden menyampaikan selamat atas keberhasilan pemilu di Indonesia dan atas keunggulan Prabowo dalam penghitungan suara pemilihan presiden.

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres 2024 dan menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Hasil Pilpres 2024 tersebut ditetapkan berdasarkan berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran unggul dengan suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional sebanyak 164.227.475. Pasangan calon tersebut berhasil unggul di 36 provinsi. (SENOPATI)

Source link