Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Mendukung Percepatan Pembangunan Tol Betung-Bayung Lencir

by -73 Views


Rabu, 20 Maret 2024 – 04:12 WIB

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mendukung percepatan pembangunan Tol Betung-Bayung Lencir yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Hal ini diungkapkan Fatoni saat menerima audiensi dari Pj Bupati Musi Banyuasin (MUBA) Apriyadi di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, 19 Maret 2024.

Baca Juga :


BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN

Dalam kesempatan ini, Apriyadi menyampaikan progres pembangunan tol yang melintas Kabupaten MUBA sepanjang 132 kilometer. Saat ini perkembangan pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino sudah mencapai 60-70 persen secara fisik.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (kanan))

Baca Juga :


Kepala OIKN Klaim Terima 369 Surat Minat Investasi di IKN: Selama Ini Mereka Wait and See

Namun, hingga saat ini perkembangan pembangunan Tol Betung-Bayung Lencir baru masih tersendat, salah satunya dikarenakan proses pelepasan lahan yang belum mencapai 100 persen. Kemudian, Apriyadi juga menyampaikan terkait surat dari Kementerian PU untuk permohonan Penetapan Lokasi (Penlok) kepada Pemerintah Provinsi Sumsel yaitu melalui Gubernur Sumsel akan segera berakhir pada 6 April mendatang.

“Surat secara administrasi sudah diantar ke Pemprov kami sampaikan lisan sekarang ke Pak Gub. Kami minta arahan ke Pak Gub terkait jalan tol tersebut,” kata Apriyadi.

Baca Juga :


Pembangunan Gedung DPR RI di IKN Baru Dimulai 2025

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mendukung percepatan proses pembangunan Tol Betung-Bayung Lencir. Dia meminta untuk segera bersurat kepada pejabat terkait agar pembangunan tersebut segera dilanjutkan.

“Di dalam surat tersebut mungkin perlu disebutkan batas April kalau tidak diputuskan itu harus diulang kembali. Kalau nggak ada perpanjangan langsung itu perlu proses ulang,” ucap Fatoni.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Fatoni juga meminta agar segera dibuatkan surat tembusan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepala Sekretariat Presiden (KSP) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk dilakukan audiensi membahas proses pembangunan tol tersebut.

“Kita juga siapkan audiensi ke Pak Menteri, minimal Pak Dirjen. Dibuatkan surat saja ke Pak Menteri terkait pembangunan jalan tol yang sampe sekarang belum berjalan. Memang harus serius ini, kalau bisa minggu ini atau minggu depan kita segera audiensi,” jelas Fatoni.

Dalam kesempatan ini turut hadir mendampingi Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni, yaitu Asisten Pemerintah dan Kesra.

Halaman Selanjutnya

Source : Istimewa

Halaman Selanjutnya