Pemerintah Menyiapkan Tiga Pelabuhan untuk Pulang Kampung Lebaran 2024

by -26 Views

Pemerintah menyiapkan tiga pelabuhan di Banten, untuk mengangkut penumpang dari Pulau Jawa ke Sumatera, saat arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024/1445 Hijriyah.

Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo di Kota Cilegon, dikhususkan pemudik sepeda motor. Selanjutnya, Pelabuhan Merak untuk mengangkut kendaraan roda empat, bus dan sembako. Khusus kendaraan besar, terutama golongan VIII dan IX, bakal menyeberangi Selat Sunda melewati Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

“Di Bojonegara milik swasta, tapi khusus golongan 8 dan 9. Di Merak angkutan penumpang, dan di Ciwandan sepeda motor,” ujar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan, Hendro Sugianto di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada Kamis, 14 Maret 2024.

Untuk menyeberangi Selat Sunda dari Pelabuhan Ciwandan dan Merak, tetap membeli tiket melalui Ferizy. Nantinya, aplikasi tersebut akan memilah secara otomatis, kendaraan yang diperbolehkan melalui Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo atau melewati Merak milik PT ASDP Indonesia Ferry.

Masyarakat yang akan mudik menyeberangi Selat Sunda, diminta membeli tiket H-1 sebelum keberangkatan. “Masyarakat H-1 itu harus sudah membeli tiket, karena untuk kelancaran dalam arus mudik di pelabuhan. Ketika H-1 sudah tahu jumlah pemudik, maka antisipasi lebih mudah dilakukan di pelabuhan,” terangnya.

Khusus di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, disiapkan lima unit kapal untuk mengangkut kendaraan golongan VIII dan IX setiap harinya.

Halaman Selanjutnya.