Media Singapura Sebut Kemenangan Prabowo Subianto Bawa Optimisme Indonesia di ASEAN

by -108 Views

Media Singapura, The Straits Times, dalam sebuah artikel berjudul “Optimisme di ASEAN saat Kepresidenan Prabowo Membawa Peran Lebih Aktif bagi Indonesia” menyebutkan bahwa Prabowo Subianto adalah sosok yang diyakini mampu membawa Indonesia untuk berperan lebih aktif di ASEAN.

Artikel tersebut juga mengutip pernyataan Direktur Eksekutif Asialink Business di Melbourne, Leigh Howard, yang menyebut bahwa Prabowo kerap menyuarakan kebijakan luar negeri yang lebih seimbang dan berupaya untuk bermitra dengan banyak negara, termasuk negara-negara Asia.

Dengan fakta bahwa Prabowo adalah mantan jenderal yang memiliki hubungan baik dengan sejumlah negara tetangga dan negara adidaya, para analis memprediksi bahwa Prabowo akan mengambil peran diplomasi yang lebih aktif. Prabowo juga berkomitmen untuk memprioritaskan kepentingan Indonesia dan memastikan kepentingan 280 juta rakyat Indonesia tidak akan diganggu oleh kekuatan asing.

The Straits Times menulis bahwa para pengambil kebijakan di Asia Tenggara juga mungkin puas dengan komitmen Prabowo terhadap keberlanjutan, dan bahwa kondisi Indonesia yang stabil dan sejahtera justru dipandang dalam lingkaran diplomatik sebagai anugerah bagi semua pihak.

Optimisme bahwa Prabowo dapat membawa Indonesia berperan lebih aktif di ASEAN juga disampaikan oleh Andreyka Natalegawa, associate fellow di Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang berbasis di Washington. Dia menyebut bahwa Prabowo memiliki peluang untuk mengarahkan Indonesia agar berperan lebih aktif di ASEAN, serta memulihkan relevansi dan sentralitas organisasi di kawasan tersebut.

Namun, keseluruhan hal itu bergantung pada ‘kesabaran’ Prabowo dalam menghadapi sejumlah proses kelembagaan serta pengambilan keputusan ASEAN yang disebut Andreyka memang lesu.

Leigh Howard menekankan bahwa peran kepemimpinan Prabowo di ASEAN dan global akan bergantung pada kemampuannya untuk membangun konsensus di kawasan; prioritasnya dalam sejumlah isu internasional; serta tim kebijakan luar negeri yang akan ia bentuk di pemerintahannya.

Source: https://prabowosubianto.com/media-singapura-sebut-kemenangan-prabowo-subianto-bawa-optimisme-indonesia-di-asean/

Source link