Indonesia Mengungguli Iran dan Israel di Peringkat 13 Militer Terkuat di Dunia

by -97 Views

Jakarta – Saat ini militer Indonesia menempati peringkat ke-13 sebagai yang terkuat di dunia, mengalahkan beberapa negara lain seperti Iran, Israel, dan Jerman bahkan Ukraina.

Tidak heran jika militer Indonesia sangat dihormati oleh beberapa negara lain. Bahkan Amerika Serikat pernah melakukan latihan bersama militer Indonesia seperti Kopassus.

Dilansir Global Fire Power, Rabu 7 Februari 2024, di peringkat pertama dengan kekuatan militer terkuat adalah Amerika Serikat, disusul oleh Rusia, China, India, Korea Selatan, Inggris, dan di peringkat ke-13 ada Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia telah memiliki beberapa alat tempur yang canggih. Bersama Menteri Pertahanan Prabowo, Indonesia telah mendatangkan alutsista canggih untuk keperluan militer.

Dalam daftar militer terkuat di dunia yang dirilis oleh Global Fire Power, Indonesia berhasil menyingkirkan beberapa negara besar seperti Jerman, Iran, Israel, Ukraina, Spanyol hingga Arab Saudi.

Selain itu, Indonesia juga memiliki sejumlah pesawat tempur, kapal selam, tank baja, hingga beberapa perangkat militer lainnya.

Indonesia juga memiliki beberapa kesatuan militer lainnya seperti Kopassus, Denjaka, Angkatan Udara, Angkatan Darat hingga Angkatan Laut.

Dilansir berbagai sumber, tercatat militer Indonesia memiliki 1.430 kendaraan lapis baja, 42 jet tempur, 331 tank baja, 336 artileri tarik hingga 63 peluncur roket. Selain itu, Indonesia memiliki personil militer aktif sebanyak 400 ribu lebih.