SPIN Rilis Hasil Survei: Pasangan Prabowo-Gibran Unggul Jauh dengan 50,9%

by -25 Views

Jakarta – Lembaga survei SPIN telah merilis hasil survei elektabilitas menjelang Pilpres 2024, yang menunjukkan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan elektabilitas mencapai 50,9%, mengalahkan dua pasang calon lainnya. Survei dilakukan pada 8-14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden menggunakan metode multistage random sampling di 38 provinsi di Indonesia.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, dalam konfirmasinya menyatakan, “Melihat keinginan publik agar Pemilu berjalan dalam satu putaran, tampaknya terlihat dari terus meningkatnya elektabilitas pasangan calon Prabowo-Gibran. Survei awal Januari 2024 ini menunjukkan perolehan suara dukungan terhadap pasangan calon nomor urut 2 meningkat menjadi 50,9%.”

“Sementara pasangan calon nomor urut 1 dan 3 terus mengalami penurunan. Terutama pasangan Anies-Muhaimin, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan dukungan tersebut merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo. Keinginan Anies untuk mendapatkan peningkatan dukungan justru berujung pada peningkatan dukungan untuk Prabowo,” tambahnya.

Dalam survei lain yang dirilis oleh Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN), elektabilitas Prabowo-Gibran terus meningkat dan berpotensi untuk memenangkan satu putaran pada Pilpres 2024. Direktur eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, menyampaikan, “Perolehan suara untuk 02, cenderung meningkat menjadi 50,9 persen. Saya bisa bayangkan, kalau tinggal 0,1 persen lagi, jadi 51 persen. Berarti 50+1, bisa satu putaran.”

Survei lain yang dilakukan pada 1-10 November 2023 oleh SPIN, menunjukkan kontribusi signifikan Gibran Rakabuming Raka terhadap elektabilitas Prabowo. Gibran memberikan kontribusi sebesar 2,7%, sementara Mahfud hanya memberikan 0,4%, dan Muhaimin 0,2%. Igor menyatakan bahwa suara pemilih Jokowi saat Pilpres 2019 cenderung akan mendukung Prabowo-Gibran, mengingat keberadaan Gibran di Koalisi Indonesia Maju bersama Prabowo akan direpresentasikan sebagai sosok Jokowi.

Pentingnya dukungan dari berbagai generasi juga tercermin dalam survei ini. Generasi Z lebih memilih Prabowo dan Gibran, sedangkan Generasi Y memberikan dukungan tinggi pada pasangan Prabowo-Gibran. Adapun Generasi X, Baby Boomers, dan Pre Baby Boomers juga memiliki preferensi masing-masing.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, dengan pasangan Prabowo-Gibran nomor urut 2. Masa kampanye akan dimulai pada 28 November 2023, dan pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/spin-rilis-hasil-survei-pasangan-prabowo-gibran-unggul-jauh-dengan-509/

Source link