Letnan Kolonel Gamal Abdel Nasser

by -51 Views

Gamal Abdel Nasser adalah seorang tokoh yang sangat dihormati oleh Prabowo Subianto karena sikap kerasnya dalam mendukung politik sekuler. Nasser juga dikenal sebagai pribadi yang tidak terpengaruh oleh suap dan memiliki bakat orator yang luar biasa. Selama menjabat sebagai Presiden Mesir, Nasser memberikan lebih dari 1.300 pidato dan berani berbaur dengan rakyat Mesir meskipun sering menghadapi upaya pembunuhan.

Nasser lahir pada tahun 1918 sebagai putra seorang pekerja pos Mesir dan sejak kecil telah ditanamkan oleh ayahnya untuk memiliki rasa bangga terhadap bangsa Arab. Ia aktif dalam aktivitas politik sejak remaja dan menjadi bagian dari rapat umum pemuda ultra nasionalis yang melawan kekuasaan Inggris. Meskipun sempat dipenjara karena hal ini, semangat nasionalismenya tetap tidak tergoyahkan.

Pada tahun 1937, Nasser mendaftar ke Akademi Militer Mesir meskipun awalnya ditolak. Setelah lulus sebagai Letnan Infanteri, ia membentuk kelompok rahasia yang menentang korupsi pemerintah dan monarki. Selama Perang Dunia Kedua, Nasser secara terbuka menentang kolonialisme Inggris dan menjadi pahlawan nasional di Mesir setelah berhasil bertahan dalam pertempuran melawan Israel.

Pada tahun 1952, Nasser memimpin sebuah kelompok perwira untuk menggulingkan pemerintah Kerajaan dan mendeklarasikan Mesir sebagai Republik. Selama memimpin negara tersebut, Nasser menjadi pemimpin yang dihormati oleh rakyat Mesir dan juga mendapatkan popularitas di seluruh dunia Arab setelah menasionalisasi Terusan Suez pada tahun 1956.

Namun, persatuan antara Mesir dan Suriah yang diorganisasikan oleh Nasser akhirnya runtuh pada tahun 1961. Setelah wafat karena serangan jantung pada tahun 1970, Nasser meninggalkan kesan yang besar di seluruh dunia Arab.

Sumber: https://prabowosubianto.com/letnan-kolonel-gamal-abdel-nasser/

Source link