Umat Islam di Bali Menggelar Aksi Damai Menyikapi Ucapan Arya Wedakarna yang Dinilai Rasis

by -42 Views

Senator asal Bali, Arya Wedakarna, menuai kritik karena pernyataannya yang dianggap rasis saat rapat dengar pendapat bersama jajaran bea cukai dan bandara Ngurah Rai pada tanggal 29 Desember 2023. Ucapan yang dianggap provokatif ini memicu aksi damai oleh umat Islam di Bali di depan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI di Renon, Denpasar pada tanggal 4 Januari 2024. Puluhan polisi turut berjaga-jaga di kantor DPD RI untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Tidak hanya aksi damai, umat muslim juga merencanakan untuk bergerak dari Masjid Sudirman menuju kantor DPD RI Bali. Dalam seruan yang beredar, umat muslim mengajak untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia dan Bali. Ucapan Arya Wedakarna yang menyinggung petugas wanita tanpa penutup kepala atau hijab turut memicu pernyataan klarifikasi dari Arya Wedakarna, yang menyebut bahwa video yang beredar telah dipotong oleh sejumlah media maupun oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aksi damai ini bertujuan untuk menegakkan sikap toleransi dan menolak pernyataan yang menyudutkan oleh siapapun..sendRedirect(http://www.viva.co.id/tag/arya-wedakarna)