Peringatkan KPU, Jokowi: Pastikan Tidak Ada Penyalahgunaan Sistem oleh Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

by -32 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar jangan sampai terjadi peretasan. Hal itu dikatakannya ketika menghadiri konsolidasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama jajaran pengurus KPU daerah se-Indonesia, hari ini.

“Jangan sampai terjadi peretasan. Hati-hati mengenai ini,” kata Kepala Negara, Sabtu 30 Desember 2023.

Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut meminta KPU untuk memberi jaminan keandalan sistem informasi perangkat Pemilu. Ia meminta perangkat penunjang Pemilu harus berfungsi dengan baik dan transparan.

“Dan saya ingin mengingatkan, kita berada di era yang serba digital, sedikit saja ada ketidakcermatan langsung mengganggu kepercayaan masyarakat. Hal ini semacam ini tidak boleh terjadi, semua kita bersama harus menjaga ini,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mengatakan waktu pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah sangat dekat. Maka dari itu, dia minta semua pihak untuk siap menghadapinya.

Hal tersebut dikatakan saat menghadiri konsolidasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama jajaran pengurus KPU daerah se-Indonesia, hari ini. Jokowi menegaskan ke KPU agar tidak ada kata lain selain siap menjalankan pemilu yang jujur dan adil.