Strategi Kapolri untuk Menjaga Pasar Domestik dan Memperkuat UMKM Hingga Tahun 2023

by -130 Views

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan perhatian khusus terhadap importasi ilegal guna menjaga stabilitas pasar domestik. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Rilis Akhir Tahun 2023 di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu, 27 Desember 2023.

Sigit mengatakan bahwa Polri memperkuat pengawasan di perbatasan darat, laut, dan jalur-jalur tikus dengan mengedepankan peran Polseksubsektor di perbatasan, serta mengoptimalkan patroli peralihan untuk perbatasan laut.

Selain itu, Polri bersama stakeholder lainnya juga melakukan kegiatan razia barang-barang impor di pasaran untuk memberangus barang-barang impor ilegal. Terdapat 21 perkara yang telah diungkap dan barang bukti senilai Rp 68 miliar berupa pakaian bekas sejumlah 13.374 ballpress berhasil dimusnahkan.

Sigit juga menyebut bahwa Polri ikut serta memperkuat UMKM dan memberikan edukasi serta pendampingan jika ditemukan pelanggaran administrasi ataupun pelanggaran ringan oleh pelaku UMKM. Tujuannya adalah agar bisnis pelaku UMKM dapat berjalan dengan lancar.