Pembebasan Bangladesh – prabowo2024.net

by -29 Views

Mayor Jenderal Sukhwant Singh menulis dalam bukunya mengenai strategi dan kemampuan Angkatan Darat India yang sangat vital dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan India. India memiliki perbatasan darat 3300 KM dengan Tiongkok, dan 4000 KM dengan Bangladesh, sehingga Angkatan Darat India memegang peran penting dalam menjaga keamanan negara.

Sejak kemerdekaan India dari Inggris pada tahun 1947, Angkatan Darat India telah menghadapi sedikitnya lima konflik besar. Salah satu fokus dari buku yang ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh adalah mengenai taktik dan strategi Angkatan Darat India di Perang Pembebasan Bangladesh.

Perang Bangladesh dipicu oleh aksi kelompok separatis “Mukti Bahini” di provinsi Pakistan Timur yang ingin mendirikan negara independen. Tentara Pakistan menggunakan kekerasan berlebih dalam menghadapi pasukan gerilya Mukti Bahini, yang menyebabkan jutaan warga Pakistan Timur melarikan diri ke India, dan puluhan juta warga kehilangan rumah.

Angkatan Darat India beraliansi dengan Mukti Bahini atas alasan kemanusiaan untuk mencegah krisis kemanusiaan yang terus berlanjut. Akibatnya, tentara Pakistan melancarkan serangan pendahuluan ke pelabuhan-pelabuhan udara yang digunakan oleh Angkatan Udara India di bagian India utara. Serangan ini memicu turunnya Angkatan Darat India ke Pakistan timur.

Penting untuk dicatat bagaimana Angkatan Darat India menggunakan intelijen lapangan untuk mengetahui kekuatan tentara Pakistan dengan sangat baik. Dengan memiliki informasi yang akurat mengenai jumlah pasukan dan kemampuan logistik Pakistan, dibantu dengan blokade udara dan air oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara India, Angkatan Darat India berhasil memaksa Letnan Jenderal Amir Khan Niazi untuk menyerahkan 93.000 tentara Pakistan ke India.