Menjadi Individu yang Etis, Tidak Mudah Marah, Menerima Kritik dengan Terbuka, dan Tenang Dalam Bersikap

by -129 Views

Kamis, 21 Desember 2023 – 10:39 WIB
Makassar – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, memberikan tips kepada rakyat Indonesia dalam memilih calon presiden atau capres di Pilpres 2024 ini. Seperti bukan pemarah, paham ekonomi dasar agar negara tidak bangkrut.

Tips memilih pemimpin itu disampaikan oleh Juru Bicara JK, Husain Abdullah. Dia menyebut bahwa JK enggan mengomentari lebih banyak terkait pasangan capres lain. JK hanya meminta agar masyarakat memilih seorang pemimpin yang terbuka jika dikritik serta bukan seorang yang pemarah.

“Pak JK tidak mau mengomentari calon lainnya, tetapi dia memberikan edukasi dan tips memilih Presiden agar rakyat memilih yang memiliki etika yang baik, tidak pemarah, jika dikritik dia terbuka, bisa menerima dan bersikap tenang. Di mata Pak JK, seorang pemimpin tidak boleh pemarah, karena yang pemarah dapat membahayakan bangsa ini yang secara historis pernah diwarnai konflik dalam negeri, seperti di Papua, Aceh, Poso, Ambon dan di Kalimantan,” ungkap Husain dalam keterangannya di Makassar, dikutip Kamis 21 Desember 2023.

Selanjutnya, jelas Husain, dalam memilih seorang pemimpin harus adil agar dapat memakmurkan rakyatnya, mengerti ekonomi agar tidak membuat negara bangkrut.

“Seorang pemimpin harus mengerti ekonomi dasar. Seorang pemimpin tidak boros asal belanja karena dapat membuat negeri bangkrut,” tambah Husain.

Husain menyebut bahwa Jusuf Kalla sengaja memilih Anies. Sebab Anies adalah seorang bersikap adil, mengerti ekonomi dasar dan penuh perhitungan. Dan, tidak kalah pentingnya adalah Anies dan Cak Imin memiliki dasar agama yang kuat.