Firli Bahuri Mundur dari Kepemimpinan KPK dengan Strategi Menghindari Sanksi Etik

by -121 Views

Kamis, 21 Desember 2023 – 22:16 WIB

Jakarta – Firli Bahuri mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif saat menjalani proses sidang etik oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK RI. Apakah ini siasat Firli untuk menghindari sanksi etik?

Mengenai hal tersebut, Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Hatorangan Pangabean, tak memberikan banyak komentar. Dia mengatakan masih menunggu kabar terbaru dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai pengunduran diri Firli dari jabatannya.

“Saya akan menunggu apakah Keppres sudah keluar atau belum,” ujar Tumpak kepada wartawan di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Saat ditanya mengenai nasib sidang etik Firli, Tumpak belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Presiden Jokowi mengenai pengunduran diri yang diajukan Firli.

Menurut laporan sebelumnya, Firli Bahuri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif. Firli mengatakan hal itu sudah dia sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno.

“Saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK dan saya menyatakan berhenti dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan memperpanjang masa jabatan saya,” ucap Firli di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Pengunduran diri itu juga disampaikan Firli kepada Dewas KPK. Dia bertemu dengan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Surat pengunduran diri tersebut disampaikan Firli kepada Presiden Joko Widodo sejak 18 Desember 2023.

“Saya menyatakan berhenti dari Ketua KPK dan tidak melanjutkan masa perpanjangan. Suratnya tertanggal 18 Desember 2023. Sudah disampaikan kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara,” ungkapnya.

Firli enggan menunjukkan surat pengunduran dirinya yang diserahkan kepada Presiden Jokowi. Dia hanya mengaku masih menunggu keputusan dari Presiden Jokowi terkait surat pengunduran dirinya.

“Kita tunggu keputusan Bapak Presiden ya. Terima kasih,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi link berikut: Firli Bahuri Mundur dari Ketua KPK sebagai Siasat Hindari Sanksi Etik.