Sikap Negarawan Prabowo Subianto dalam Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

by -76 Views

Di tengah ketegangan debat perdana Capres-Cawapres 2024, suasana nobar di kediaman Wakil Walikota Tangerang pada Selasa, 12 Desember 2023, menjadi sorotan. Alexander Waas, Ketua Lingkar Nusantara Korwil Provinsi Banten, hadir dalam acara tersebut dan memberikan tanggapannya terhadap gagasan yang disampaikan oleh para calon presiden.
Menurut Waas, gagasan yang diungkap oleh Prabowo Subianto dalam debat mampu memberikan keyakinan lebih kepada masyarakat. Dikutip pada Kamis, 14 Desember 2023, Waas menyatakan, “Yang disampaikan pak Prabowo kita yakini masyarakat lebih yakin untuk memilih Pak Prabowo dengan satu tujuan untuk melanjutkan program Pak Jokowi yang sudah bagus dan penyempurnaan ke depannya.” Waas juga menyoroti karakter tenang Prabowo dalam menghadapi serangan lawan-lawannya.
“Inilah hebatnya seorang negarawan yang ada di Pak Prabowo, disudutkan dan diserang tapi tetap tenang. Dan ini membuat masyarakat semakin yakin ke depannya ialah seorang pejuang dan pemenang yang nantinya memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 2024 ini dan juga dari ketiga calon hanya Pak Prabowo yang natural dan apa adanya, tidak ada kepalsuan dan kepura-puraan,” ungkapnya dengan keyakinan.
Tak hanya itu, Waas juga percaya bahwa elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran dapat terus meningkat pasca-debat perdana ini. “Saya yakin dengan elektabilitas Pak Prabowo atas doa dan dukungan semua yang ada di Indonesia. Kami dari Lisan Korwil Banten bersama TKD Prabowo Gibran Koalisi Indonesia Maju Kota Tangerang meyakini elektabilitas dan survei, Insha Allah kita akan naik terus,” tambahnya. Sementara itu, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, turut mengamini pendapat sejenis. Menurut Nusron, penampilan Prabowo yang lebih humanis dalam debat perdana merupakan poin penting yang mampu meningkatkan elektabilitas.
“Dengan debat ini kami makin optimis. Kenapa? Karena Pak Prabowo ternyata sangat humanis,” ujarnya di Menteng, Jakpus, pada Selasa, 12 Desember 2023.
Nusron menilai perubahan penampilan Prabowo yang lebih tenang dan tidak menyerang secara langsung rivalnya menunjukkan sikap negarawan.
“Sangat berbeda. Sangat riang. Sangat jenaka. Dan sangat enteng, dan sangat tenang,” kata Nusron.
Lebih lanjut, Nusron menegaskan, “Pak Prabowo tidak ingin menjatuhkan siapa pun di depan publik. Karena pemimpin itu harus menghargai dan mengangkat orang, tidak boleh menjatuhkan satu sama lain.”
Debat kedua Capres-Cawapres 2024 yang akan menyoroti ekonomi, keuangan, investasi, dan topik terkait dijadwalkan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023. Acara nobar tersebut juga dihadiri oleh partai politik pendukung Prabowo Gibran serta sejumlah relawan dan komunitas pendukung pasangan tersebut.
Dengan suasana debat yang begitu intens, tanggapan dari berbagai pihak memberikan gambaran tentang dinamika politik yang tengah berlangsung menjelang pemilihan presiden yang semakin dekat. (SENOPATI)