Polri Akan Menggunakan 3 Skema Lalu Lintas Selama Libur Nataru

by -54 Views

Sabtu, 16 Desember 2023 – 00:49 WIB

Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan tiga skema pengamanan arus lalu lintas saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Mulai dari skema normal, padat, dan sangat padat.

“Pada skema normal sendiri kita masih dalam melakukan kegiatan pada pola-pola pengaturan penjagaan di titik-titik trouble spot maupun black spot, ini harus kita lakukan pengelolaan lebih awal,” ucap Kepala Bagian (Kabag) Operasi Korlantas Polri, Komisaris Besar Polisi Edy Djunaedi, Jumat, 15 Desember 2023.

Untuk skema padat, bakal diberlakukan pengalihan arus seperti pembatasan kendaraan sumbu 3 dan sebagainya. Sementara itu, untuk skema sangat padat diberlakukan rekayasa buka-tutup jalan.

“Baik buka tutup pada jalur tol maupun buka tutup arah arteri,” katanya.

Dia menambahkan, ada 129.923 personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait dikerahkan guna pengamanan libur Nataru. Mereka ditempatkan di pos-pos yang dibuat. Jumlahnya ribuan dan tersebar di seluruh Tanah Air.

“Adapun objek pengamanan atau titik-titik itu kita akan mengamankan objek sebanyak 43.276, itu yang akan kita lakukan pengamanan,” katanya.