Anies Baru Sadar Doa di Debat Capres Diganti dengan Mengheningkan Cipta: Apakah Takut Amin?

by -152 Views

Jumat, 15 Desember 2023 – 09:05 WIB

Jakarta – Pertemuan Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dengan penceramah kondang Ustaz Abdul Somad alias UAS di Riau, jadi perhatian. UAS pun sudah menyatakan dukungan untuk Anies di Pilpres 2024.

Ada momen menarik saat Anies berdialog dengan UAS. Saat itu, ada juga ibunda Anies, Aliyah Rasyid. Momen itu digambarkan dalam video yang diunggah akun Instagram @aniesmuhaimin_2024. Dalam video itu, diawali Anies yang berkomunikasi dengan penonton di dialog tersebut. Lalu, UAS ikut bertanya ke penonton. “Itu Amin atau qobul?” tanya UAS dengan tertawa. “Amin,” kata penonton serentak. Anies pun merespons. “Aminnya yang mantap,” ujar Anies sambil memperagakan tangan kirinya. “Amin,” kata Anies ditambah suara penonton.

UAS mengatakan kondisi sekarang di sejumlah kantor jika ada pembacaan penutup doa Al-Fatihah maka takut bilang Amin. “Sekarang di beberapa kantor itu ghayril-maghḍụubi ‘alaihim wa laḍ ḍāllīn. Sudah takut bilang Amin,” kata UAS seraya tertawa. Anies pun menuturkan dirinya baru sadar saat acara debat perdana capres di KPU tak lagi berdoa. Sebab, kata dia, yang ada malah mengheningkan cipta. “Mengheningkan cipta,” tutur UAS tertawa dengan nada heran. “Kenapa jadi tidak ada doa,” ujar Anies. UAS kemudian merespons omongan Anies. Dengan guyon, dia berpandangan mungkin sekarang dalam gerakan tasyahud salat, tak memperlihatkan jari telunjuk tapi hanya mengepalkan genggaman tangan. “Jangan-jangan tasyahud pun sekarang begini aja semua,” tutur UAS dengan guyon. Anies menimpali lagi guyonan UAS. “Masak tasyahud keluar tangannya dua. Tasyahud satu, gimana kita. Ya ampun,” kata Anies tertawa.

Halaman Selanjutnya Source : Dok Alnofiandri Dinar